Pendaftaran Sekolah Kedinasan Ditutup, Apa Saja Tahapan Seleksi di STAN?

Kamis, 05 Mei 2022 - 07:59 WIB
loading...
Pendaftaran Sekolah Kedinasan Ditutup, Apa Saja Tahapan Seleksi di STAN?
Politeknik Keuangan Negara STAN. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pendaftaran sekolah kedinasan telah resmi ditutup pada 30 April 2022 lalu. Tahapan selanjutnya yang akan dihadapi para peserta adalah seleksi yang akan menyaring calon mahasiswa atau taruna/taruni sekolah kedinasan.

Tahun ini ada 8 instansi yang membuka rekrutmen sekolah kedinasan. Yakni Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Keuangan, Badan Pusat Statistik, Badan Intelijen Negara, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, Badan Siber dan Sandi Negara, dan Kementerian Perhubungan.

Salah satu hal yang menarik dari sekolah kedinasan ini adalah penempatan sebagai PNS bagi mahasiswa atau taruna/taruni yang lulus. Karena penempatan menjadi PNS inilah maka penyaringan CPNS melalui sekolah kedinasan pun harus ketat.

Oleh karena itu, setelah para peserta sekolah kedinasan lulus syarat administrasi maka mereka akan menjalani beberapa tahap seleksi lainnya. Seperti seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi lanjutan. Untuk SKD sendiri, setiap sekolah kedinasan SKDnya akan dilakukan terpusat di BKN.

Baca: Beasiswa Pendidikan Indonesia Kemendikbudristek, Cek Syarat Usia yang Ditentukan

Misalnya saja di Politeknik Keuangan Negera (PKN) STAN, dilihat dari Pengumuman SPMB PKN STAN 2022 yang ada di laman PKN STAN, untuk tahap SKD akan diikuti oleh peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi dan telah melakukan pembayaran.

Pelaksanaan SKDnya sendiri akan dilaksanakan menggunakan sistem computer assisted test (CAT) Badan Kepegawaian Negara (BKN). SKD meliputi Tes Karakteristik Pribadi, Tes Intelegensia Umum, dan Tes Wawasan Kebangsaan.

Peserta kemudian akan dinyatakan lulus SKD apabila memenuhi nilai ambang batas SKD sesuai ketentuan yang berlaku. Dan juga peserta berada di peringkat yang sesuai dengan jumlah kebutuhan untuk seleksi lanjutan I yang jumlah pesertanya ditentukan oleh panitia pusat.

Seleksi Lanjutan I itu sendiri terdiri dari Tes Kesehatan dan Kebugaran serta Tes Psikologi yang akan dijalani para peserta nanti.

1. Tes Kesehatan dan Kebugaran meliputi:
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0981 seconds (0.1#10.140)