Intip Keseruan Mahasiswi Unair Jalani IISMA di Negeri Ginseng Korsel

Rabu, 11 Mei 2022 - 11:31 WIB
loading...
Intip Keseruan Mahasiswi Unair Jalani IISMA di Negeri Ginseng Korsel
Mahasiswi Unair Anansya Bilqies Silfa Nursabilla. Foto/Tangkap layar laman Unair.
A A A
JAKARTA - Anansya Bilqies Silfa Nursabilla menjadi salah satu mahasiswi Universitas Airlangga ( Unair ) yang lolos program Indonesian International Student Mobility Awards ( IISMA ) di Yonsei University, Korea Selatan. Bilqies pun membagikan beberapa momennya dalam menjalani program IISMA di Negeri Ginseng.

Yonsei University masuk dalam jajaran Top 100 Universitas Terbaik versi QS WUR 2022. Mahasiswi Fakultas Ilmu Budaya Unair itu mendapatkan informasi mengenai IISMA melalui akun instagram @globalunair.

Setelah mengetahui info IISMA, Bilqies langsung menyebarluaskan informasi tersebut dan mulai menyiapkan diri mengikuti English Proficiency Test (EPT) sebagai salah satu syarat IISMA.

Baca: Penerima Beasiswa IISMA 2022 Mulai Diberangkatkan Bulan Ini

“Waktunya mepet banget, tapi masih bisa ikut TOEFL ITP. Saat pengumuman, kagetnya bukan main. Alhamdulillah, saya lolos di Yonsei University,” ungkapnya, dilansir dari laman resmi Unair, Rabu (11/5/2022).

Minoritas Muslim

Mahasiswi muslim asal Bekasi itu bercerita mengenai kondisi Korea yang memiliki penduduk minoritas muslim. Bilqies banyak sekali menemukan makanan yang mengandung babi dan olahannya. “Saat ke minimarket dan ambil kimbab lalu bawa ke kasir, kasirnya langsung bilang ‘No no no’,” ceritanya.

Setelah itu, kasir tersebut berlari ke tempat kimbab dan mengganti kimbabnya karena ternyata mengandung babi. Bilqies kaget karena kasir tiba-tiba lari tanpa menjelaskan apapun. Hal itu karena mayoritas warga kurang bisa berbahasa Inggris “Tapi mereka helpful banget pas tau kita muslim dari kerudung yang saya pakai,” lanjutnya.

Ikuti Klub

Mahasiswi Sastra dan Bahasa Inggris itu bercerita bahwa kegiatan ekstrakurikuler di Yonsei University agak susah diikuti oleh awardee IISMA. Kebanyakan ekstrakurikuler mensyaratkan minimal menyelesaikan beberapa tahun studi di Yonsei dan bisa berbahasa Korea yang dibuktikan dengan sertifikat TOPIK. “Karena pilihannya sangat sedikit, aku akhirnya mengikuti Yonsei Mentors Club,” ceritanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0988 seconds (0.1#10.140)