Gubernur DKI Anies Baswedan Dialog dengan Mahasiswa Doktoral di Inggris, Ini Hasilnya

Kamis, 12 Mei 2022 - 19:35 WIB
loading...
Gubernur DKI Anies Baswedan Dialog dengan Mahasiswa Doktoral di Inggris, Ini Hasilnya
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat berdialog dengan para mahasiswa doktoral asal Indonesia yang mengenyam pendidikan di London, Inggris. Foto/Dok/Doctrine UK
A A A
LONDON - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat kunjungan kerja ke Inggris, menyempatkan dialog dengan para mahasiswa doktoral asal Indonesia yang mengenyam pendidikan di London, Inggris.

Mereka membahas beragam tantangan yang dihadapi pemerintah Provinsi DKI Jakarta paskapandemi, dan solusi nyata yang bisa diberikan. Hasil dialog di antaranya, DKI Jakarta membutuhkan inovasi teknologi terbaru untuk mengatasi beragam tantangan dalam menata kota paskapandemi Covid-19.

Baca juga: Kisah Letda Ckm Jason, Dokter Lulusan S2 Inggris Pilih Masuk TNI AD

“Saya senang berdiskusi dengan para mahasiswa doktoral, sebab riset yang kalian lakukan berdasarkan bukti empirik. Setiap mengambil kebijakan, saya selalu memutuskan berdasarkan data dan bukti di lapangan atau policy based evidence, termasuk dalam pemanfaatan teknologi di Jakarta” ujar Anies Baswedan di kampus Kings College London saat berdiskusi, Rabu (11/5) malam waktu London, atau Kamis (12/5/2022) pagi Waktu Indonesia Barat.

Anies, yang pernah mengenyam pendidikan doktoral di Northern Illinois University, Amerika Serikat meminta para mahasiswa doktoral membantu program pemerintah Jakarta. Hasil riset harus dapat diterapkan sebagai solusi mengatasi persoalan di lapangan. Ia juga meminta para mahasiswa membangun jejaring internasional.
Gubernur DKI Anies Baswedan Dialog dengan Mahasiswa Doktoral di Inggris, Ini Hasilnya

Dalam diskusi tersebut, Anies mendengarkan paparan hasil riset mahasiswa doktoral Indonesia. Acara tersebut juga dihadiri sejumlah mahasiswa internasional. Para mahasiswa berasal antara lain dari University of Cambridge, University of Oxford, dan Imperial College London.

Baca juga: 4 Beasiswa Ini Bisa Dimanfaatkan untuk Kuliah Gratis di Jerman



Mereka menyajikan hasil penelitian di kota Jakarta tentang sejumlah topik. Mulai dari penanganan Covid-19 berbasis data di Ibu kota, manajemen lalu lintas, perluasan layanan pendidikan anak usia dini, dan penggunaan teknologi informatika dalam layanan pemerintahan.

Sandhi Wiedyanoe, Mahasiswa doktoral di Edinburgh Napier University mengatakan pemerintah kota Jakarta membutuhkan teknologi transportasi terbaru untuk menata kota paskapandemi Covid-19. Ia mencontohkan, pemerintah perlu merancang kebijakan yang mendukung perkembangan kendaraan otomatis dan ramah lingkungan.

Sandhi sedang melakukan riset tentang proyeksi penggunaan kendaraan otomatis di Jakarta. Perwira di Korps Lalu Lintas Polri tersebut menilai kendaraan yang dikendalikan dengan teknologi komputer berpeluang menekan angka kecelakaan, yang sebagian disebabkan faktor kelalaian manusia.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2795 seconds (10.177#12.26)