Persiapan Sebelum Hari H UTBK 2022, Ikuti Tips dari LTMPT Ini

Sabtu, 14 Mei 2022 - 10:55 WIB
loading...
Persiapan Sebelum Hari H UTBK 2022, Ikuti Tips dari LTMPT Ini
Ruang ujian di dalam Gedung Menara Sains ITS yang dapat digunakan peserta UTBK 2022. Foto/Dok/Humas ITS.
A A A
JAKARTA - Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer ( UTBK ) untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SBMPTN ) 2022 tinggal hitungan hari. Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) pun membagikan tips persiapan sebelum hari H UTBK untuk menunjang kelancaran ujian para peserta.

Sesuai jadwal LTMPT , pelaksanaan UTBK SBMPTN 2022 akan terbagi dua gelombang. Gelombang pertama dimulai pada 17 Mei hingga 23 Mei 2022. Sedangkan gelombang kedua 28 Mei-3 Juni 2022.

UTBK SBMPTN 2022 dilaksanakan di 74 Pusat UTBK dimana masing-masing Pusat UTBK yang telah ditunjuk menetapkan ketentuan pelaksanaannya sendiri yang harus diikuti peserta ujian.

Baca: Tingkatkan Keamanan Saat UTBK, UB Pasang Metal Detector

Bagi peserta UTBK terutama angkatan yang baru lulus di 2022 ini pastinya akan menjadi pengalaman pertama mengikuti saringan masuk PTN yang persaingannya dikenal sangat ketat ini. UTBK tahun ini dapat diikuti oleh siswa lulusan 2020, 2021, dan 2022.

Oleh karena itu, LTMPT pun membagikan sejumlah tips persiapan UTBK sebelum hari H bagi peserta agar semakin lancar menjalani UTBK, lulus seleksi, dan dapat berkuliah di perguruan tinggi negeri impian.

"Halo, Calon Mahasiswa Indonesia! Bagi beberapa peserta, UTBK 2022 menjadi tes seleksi pertama yang diikuti. Hal yang wajar bila Calon Mahasiswa merasa gugup hingga kesulitan untuk menentukan hal apa saja yang harus disiapkan mendekati hari pelaksanaan tes," tulis LTMPT di akun Instagram resminya @ltmptofficial.

Baca juga: UTBK SBMPTN Mulai 17 Mei 2022, Cek Penyesuaian Waktu Pelaksanaan Terbaru dari LTMPT

Berikut adalah tips persiapan sebelum hari H UTBK 2022 dari LTMPT.

1. Menjaga kesehatan dan disarankan Stay At Home

2. Wajib mencari informasi lokasi ujian dan syarat mengikuti UTBK melalui laman PTN yaitu Pusat UTBK Pilihan. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa Pusat UTBK yang tidak memperkenankan peserta untuk melakukan cek lokasi secara langsung.

3. Jika melihat lokasi gedung yang akan digunakan secara langsung pada H-1, tetap patuhi Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19 yaitu menggunakan masker dan menjaga jarak.

4. Buat perkiraan waktu tempuh dari rumah, penginapan, atau lokasi asal ke lokasi ujian.
(nz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3475 seconds (0.1#10.140)