Tingkatkan Keamanan Saat UTBK, UB Pasang Metal Detector

Sabtu, 14 Mei 2022 - 09:09 WIB
loading...
Tingkatkan Keamanan Saat UTBK, UB Pasang Metal Detector
Universitas Brawijaya memasang metal detector saat UTBK. Foto/Ilustrasi/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Universitas Brawijaya (UB) meningkatkan keamanan pada saat pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer ( UTBK ) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 mendatang. Salah satunya dengan memasang metal detector untuk mencegah peserta membawa gawai ke ruang ujian.

Persiapan UB menuju UTBK yang akan digelar mulai Selasa, 17 Mei 2022 mendatang dilakukan dengan peninjauan lokasi UTBK oleh Rektor Universitas Brawijaya (UB) Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani beserta jajarannya pada, Jumat (13/05/2022). Lokasi UTBK yang ditinjau yaitu di FIB, FMIPA, FPIK, Fapet, dan FISIP.

“Masing-masing fakultas telah menyiapkan dengan baik, mulai dari protokol kesehatan, metal detector, fasilitas untuk difabel sudah kita siapkan semua. Karena sudah ada pengalaman dari tahun-tahun sebelumnya, harapan saya UTBK tahun ini dapat berjalan lebih baik daripada tahun lalu,” kata Rektor, dilansir dari laman UB, Sabtu (14/5/2022).

Baca: Begini Ketentuan Peserta yang Akan UTBK di ITERA, Simak Baik-baik

Pelaksanaan UTBK SBMPTN 2022 di perguruan tinggi negeri yang berdomisili di Malang, Jawa Timur ini akan dilaksanakan dalam dua gelombang, yakni gelombang pertama 17-23 Mei 2022 dan gelombang kedua pada 28 Mei-3 Juni 2022.

UB menyediakan 67 ruangan dan 1.380 komputer untuk setiap sesinya, dengan 79 pengawas, 16 penanggung jawab lokasi, 16 penanggung jawab TIK lokasi, 16 admin TIK lokasi, 4 admin server, dan 69 teknisi ruang dalam tiap sesi.

Sedangkan jumlah peserta yang akan mengikuti UTBK di UB sebanyak 19.487 peserta. Terkait banyaknya jumlah peserta, Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. drh. Aulanni’am menuturkan, UB siap mengantisipasi kemacetan.

Baca juga: Terbagi 2 Gelombang, 15.971 Peserta akan Ikut UTBK di UNY

“Yang pasti tidak boleh ada kemacetan di Jalan Veteran. Untuk itu, semua kendaraan akan masuk UB, dan di dalam UB nanti akan diatur alur kendaraaannya,” ujarnya.

Yang membedakan dengan tahun sebelumnya, pelaksanaan UTBK di UB tahun ini menggunakan metal detector di setiap ruangan.

“Tahun lalu sudah ada namun hanya di beberapa ruangan, untuk tahun ini semua ruangan sudah dilengkapi fasilitas metal detector untuk mengantisipasi adanya peserta yang membawa HP atau kamera, dan disediakan dua petugas, laki-laki dan perempuan, di masing-masing ruangan untuk melakukan pengecekan,” jelas Prof. Aul.

Perlu diketahui, peserta UTBK diwajibkan membawa Kartu Tanda Peserta Ujian, Fotokopi Ijazah SMA/SMK/MA atau sederajat yang dilegalisir atau Surat Keterangan Kelas XII yang dilengkapi pasfoto berwarna terbaru dan berstempel basah sekolah, serta kartu identitas asli.

Selain itu, peserta wajib memakai baju berkerah dan bersepatu, datang 30 menit sebelum ujian dimulai, dan melakukan pengecekan lokasi H-1 secara virtual melalui laman https://selma.ub.ac.id/peta-utbk-2022/.

Peserta juga tidak diperbolehkan memakai kaos oblong, terlambat, membawa daftar logaritma, alat komunikasi, kalkulator, kertas, catatan, jam tangan, kamera, modem dan segala alat elektronik untuk merekam.
(nz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2232 seconds (0.1#10.140)