UTBK 2022 Dimulai Besok, Simak Ketentuan yang Berlaku di Unpad

Senin, 16 Mei 2022 - 09:31 WIB
loading...
UTBK 2022 Dimulai Besok, Simak Ketentuan yang Berlaku di Unpad
UTBK dimulai besok, simak ketentuan yang berlaku di Unpad. Foto/Ilustrasi/Dok/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Sebanyak 11.312 peserta akan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( UTBK SBMPTN ) di Pusat UTBK Universitas Padjadjaran ( Unpad ) mulai Selasa, 17 Mei 2022. Unpad mengimbau peserta untuk menaati beberapa ketentuan yang sudah ditetapkan.

Koordinator Pelaksana UTBK Unpad Inu Isnaeni Sidiq mengatakan, peserta UTBK-SBMPTN Unpad wajib membawa beberapa persyaratan kelengkapan yang sudah ditetapkan panitia.

Seperti, kartu tanda peserta UTBK-SBMPTN 2022, surat keterangan kelas XII atau keterangan lulus bagi lulusan tahun 2022, ijazah yang sudah dilegalisasi bagi peserta lulusan 2020-2021, kartu identitas, hingga perlengkapan protokol kesehatan, yaitu penyanitasi tangan ( hand sanitizer ) dan masker medis cadangan.

Inu mengatakan, pelaksanaan UTBK Unpad terbagi dalam dua Gelombang. Gelombang I digelar 17-23 Mei, sedangkan gelombang II pada 28 – 31 Mei. Ujian dibagi dalam 19 sesi. Satu hari ujian dibagi dalam dua sesi.

Baca: Ketentuan Lengkap bagi Peserta UTBK 2022 di UI, Perhatikan Ya

Untuk sesi pagi, peserta diwajibkan sudah berada di ruangan ujian pada pukul 6.45 WIB. Sementara untuk sesi siang, peserta wajib berada di ruangan ujian pada pukul 12.30 WIB.

Pelaksanaan UTBK-SBMPTN Unpad digelar di 26 laboratorium komputer di kampus Jatinangor. Laboratorium tersebut berada di Fakultas Keperawatan, Fakultas Kedokteran, dan Fakultas Kedokteran Gigi.

Selain itu UTBK juga akan dilaksanakan di Gedung D Pusat Pelayanan Basic Science (PPBS), Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Kampus Departemen Statistika Fakultas MIPA, serta Fakultas Farmasi.

“Untuk Informasi rute akses kendaraan bagi yang membawa kendaraan pribadi masuk melalui pintu A, bisa juga masuk dari jalan raya Bandung – Sumedang dan Via Tol baru. Bagi peserta yang memakai angkutan umum bisa masuk dari pintu bawah (gerlam) nanti ada angkutan kampus yang beroperasi dari UTBK di mulai hingga selesai,” katanya, dilansir dari laman resmi Unpad, Senin (16/5/2022).

Baca juga: Persiapan Sebelum Hari H UTBK 2022, Ikuti Tips dari LTMPT Ini

Lebih lanjut Inu menjelaskan terkait ketentuan berpakaian selama mengikuti UTBK-SBMPTN. Hal utama yang harus diperhatikan adalah, peserta mengenakan pakaian rapi dan sopan, mengenakan kemeja, celana panjang tidak sobek, dan wajib menggunakan sepatu.

Informasi dan ketentuan lebih lanjut dapat mengakses laman resmi LTMPT atau di halaman https://www.unpad.ac.id/utbk/. Protokol Kesehatan Inu memastikan bahwa Unpad akan menerapkan disiplin protokol kesehatan yang ketat selama pelaksanaan UTBK-SBMPTN.

Sebelum pelaksanaan Ujian, akan dilakukan skrining pada peserta terkait status vaksinasi melalui aplikasi PeduliLindungi. Bagi peserta yang belum menerima vaksinasi dapat membawa hasil tes Rapid Antigen 1Ă—24 jam maupun hasil tes PCR maksimal 2Ă—24 jam.

Untuk itu, setiap peserta wajib terdaftar dan memiliki aplikasi PeduliLindungi yang terinstal di perangkat ponsel pintar yang dibawa saat ujian. “Rata-rata jumlah peserta ujian yang hadir di Unpad setiap harinya adalah 1.235 orang. Jika dijumlahkan dengan panitia, kurang lebih berjumlah 1.516. Jadi kalau dilihat dari protokol kesehatan masih aman karna luas Unpad yang jauh lebih besar,” pungkasnya.
(nz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2622 seconds (0.1#10.140)