Hari Pertama UTBK 2022, Unpad Ingatkan Peserta untuk Patuhi Peraturan

Selasa, 17 Mei 2022 - 11:20 WIB
loading...
Hari Pertama UTBK 2022, Unpad Ingatkan Peserta untuk Patuhi Peraturan
Suasana UTBK SBMPTN 2022 di Unpad. Foto/Tangkap layar laman Unpad.
A A A
JAKARTA - Sebanyak 11.312 peserta mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( UTBK-SBMPTN ) 2022 di Pusat UTBK Universitas Padjadjaran ( Unpad ) di Kampus Jatinangor, mulai Selasa (17/5/2022). Pelaksanaan UTBK-SBMPTN di Unpad digelar dalam dua gelombang.

Gelombang pertama digelar pada 17 – 23 Mei, sedangkan gelombang kedua digelar pada 28 – 31 Mei. Koordinator Pelaksana UTBK-SBMPTN Unpad Inu Isnaeni Sidiq mengatakan, dalam satu hari, pelaksanaan UTBK-SBMPTN dibagi ke dalam dua sesi. Sesi pertama digelar pada pukul 6.45 – 11.00 WIB, sedangkan sesi kedua digelar pada pukul 13.00 – 16.30 WIB.

Untuk mengantisipasi penularan penyakit, baik Covid-19 maupun infeksi lainnya, Unpad menetapkan protokol kesehatan yang ketat untuk para peserta. Setiap peserta dipastikan sehat dan aman untuk masuk ke dalam ruangan ujian.

“Sebelum masuk ruangan, peserta dibariskan dan diatur jaraknya sesuai protokol kesehatan. Peserta kemudian dicek suhu dan dicek menggunakan metal detektor untuk memastikan mereka tidak membawa alat yang bisa digunakan untuk berbuat curang,” jelas Inu, dilansir dari laman resmi Unpad di unpad.ac.id, Selasa (17/5/2022).

Baca: Hari Pertama UTBK 2022, Kampus UI Salemba Sediakan 229 Komputer

Peserta juga diwajibkan menginstal aplikasi PeduliLindungi. Aplikasi tersebut digunakan untuk bisa masuk ke dalam kampus Unpad dan ruangan ujian. Melalui aplikasi tersebut, Unpad dapat mengetahui status vaksinasi dan kondisi kesehatan setiap peserta.

“Nanti akan tahu apakah peserta sudah vaksinasi lengkap atau sudah antigen/belum. Jika kemudian sakit dan dinyatakan positif, nanti akan muncul warna hitam,” ujarnya.

Baca juga: Unesa Sediakan 3 Lokasi UTBK bagi 22.140 Peserta, Simak Syarat dan Ketentuannya

Jika ditemukan ada peserta yang terindikasi positif Covid-19 ataupun sedang sakit, Unpad telah menyiapkan ruangan khusus yang bisa digunakan untuk ujian. Lebih lanjut Inu mengatakan, Unpad juga memastikan ruangan ujian aman dari penularan penyakit. Setiap ruangan ujian akan dilakukan penyemprotan disinfektan sebelum dan sesudah pelaksanaan ujian.

Wajib Mematuhi Peraturan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1855 seconds (0.1#10.140)