UTBK di ITS Hanya Satu Gelombang, 8.165 Siswa Jadi Peserta

Rabu, 18 Mei 2022 - 09:30 WIB
loading...
UTBK di ITS Hanya Satu Gelombang, 8.165 Siswa Jadi Peserta
Suasana pelaksanaan UTBK 2022 di ITS. Foto/Dok Humas ITS.
A A A
JAKARTA - Meskipun kondisi pandemi Covid-19 telah membaik, pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer ( UTBK ) di Institut Teknologi Sepuluh Nopember ( ITS ) berjalan sesuai dengan protokol kesehatan (prokes) yang berlaku. Tercatat ada 8.165 siswa jadi peserta UTBK di ITS.

Rektor ITS sekaligus Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi ( LTMPT ) Prof Dr Ir Mochamad Ashari menuturkan, secara nasional pelaksanaan hari pertama UTBK berjalan dengan lancar.

Jumlah peserta UTBK tahun ini mengalami peningkatan menjadi 800.852 peserta dengan jumlah peserta yang akan diterima nantinya sebanyak 460 ribu peserta. “Terdapat 74 lokasi pelaksanaan UTBK di seluruh Indonesia," ungkap Ashari, melalui siaran pers, dikutip Rabu (18/5/2022).

Baca: ITS Bentuk Dewan Kehormatan Profesi Dosen Terkait Kasus Rektor ITK

Menurut Ashari, ada beberapa perbedaan dalam pelaksanaan UTBK pada tahun ini dibanidng tahun-tahun sebelumnya. Salah satunya adanya materi bahasa Inggris yang dilakukan secara terpisah yakni setelah Tes Potensi Skolastik (TPS) dan sebelum Tes Kemampuan Akademik (TKA).

“Alasan diujikan terpisah karena saat perkuliahan, kemampuan bahasa Inggris akan sangat dibutuhkan untuk berkomunikasi,” terang guru besar Teknik Elektro ini.

Sebagai informasi, ITS melayani 8.165 peserta UTBK untuk tahun 2022 ini. UTBK di ITS sendiri hanya dilaksanakan pada gelombang pertama yakni hingga Senin (23/5) mendatang dan dilaksanakan dalam dua sesi setiap harinya.

Untuk menjaga kelancaran UTBK, Ashari mengungkapkan bahwa ITS telah berkoordinasi dengan PLN Provinsi Jawa Timur dan juga menambahkan 395 server untuk mengantisipasi apabila server nasional terkendala ataupun terputus.

Baca juga: Kisah Perjuangan Peserta UTBK 2022, Belajar Keras agar Lolos Psikologi UI

Sementara itu, Kepala Subdirektorat Admisi Direktorat Pendidikan ITS Dr Eng Unggul Wasiwitono menuturkan, pelaksanaan UTBK tahun ini ITS tidak bekerja sama dengan kampus mitra seperti Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS), dan Institut Teknologi (IT) Telkom Surabaya. “Semua dilaksanakan dan difasilitasi oleh ITS,” jelasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3087 seconds (0.1#10.140)