Tips Lolos Ujian Mandiri Kampus Negeri Jika Kandas di SBMPTN 2022

Sabtu, 21 Mei 2022 - 09:04 WIB
loading...
Tips Lolos Ujian Mandiri Kampus Negeri Jika Kandas di SBMPTN 2022
Tips lolos ujian mandiri PTN. Foto/Ilustrasi/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( UTBK SBMPTN ) 2022 berlangsung dalam dua gelombang hingga 3 Juni 2022. Sementara hasil pengumumannya sendiri akan berlangsung 23 Juni 2022.

Namun bagaimana jika setelah berjuang di UTBK dan berharap akan diterima di kampus negeri idaman tetapi hasil pengumuman berkata lain? Jangan bersedih dan berkecil hati sebab kalian masih ada kesempatan masuk PTN melalui ujian mandiri.

Jika UTBK dikoordinir langsung oleh LTMPT , maka tes ujian mandiri setiap PTN akan berbeda tergantung kebijakan dari kampus masing-masing. Maka pastikan kalian mengetahui jadwal pendaftaran dan tes di masing-masing kampus.

Baca: Ini Cerita Peserta Difabel yang Ikut UTBK-SBMPTN 2022 di UI

Selain itu, meskipun daya tampung ujian mandiri setiap PTN itu nggak banyak, kamu tetap harus optimis dan mempersiapkan diri dengan maksimal ya. Mau tahu apa saja sih tips menghadapi ujian mandiri? Dilansir dari laman Ruangguru, simak penjelasannya berikut ini.

1. Cari tahu informasi mengenai pelaksanaan ujian mandiri

Tips pertama yang wajib dilakukan adalah rajinlah mencari informasi tentang pelaksanaan ujian mandiri dari PTN pilihan. Biasanya setiap PTN punya ketentuan seleksi yang berbeda-beda. Jadi kalian perlu membuat catatan mengenai tata cara ujian, syarat ujian, jadwal dan biaya pendaftaran, hingga apa saja yang nantinya akan dibutuhkan ketika hari H.

2. Pilih prodi sesuai minat dan kemampuan

Pada ujian mandiri, beberapa PTN ada yang mengharuskan pesertanya untuk menyertakan nilai UTBK. Maka dari itu, kalian harus memilih jurusan sesuai dengan rumpun ilmu yang dipilih saat UTBK.

Pastikan kalian memilih prodi yang sesuai dengan minat dan kemampuan, sama seperti saat kalian memilih prodi saat di UTBK. Ini akan membantu, karena seluruh persiapan yang sudah dilakukan selama ini tidak akan sia-sia dan kalian pun bisa tetap fokus mengejar target.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2411 seconds (11.252#12.26)