Pentingnya Pelatihan Bahasa Inggris untuk Guru

Senin, 30 Mei 2022 - 11:18 WIB
loading...
Pentingnya Pelatihan Bahasa Inggris untuk Guru
Menguasai bahasa Inggris juga dapat memperkaya bahan ajar karena lebih banyak sumber atau referensi yang dapat diakses dan direkomendasikan. Ada banyak sekali jurnal, buku, dan artikel dalam bahasa Inggris yang dapat memperkaya literasi dan bacaan.
A A A
JAKARTA - Sudah menjadi kewajiban seorang guru untuk memberikan informasi dan edukasi dalam rangka meningkatkan kemampuan akademik siswa. Agar hal tersebut dapat dicapai, seorang guru butuh untuk memiliki kualifikasi untuk setiap bidang yang diajarkannya.

Selain itu, kemampuan bahasa asing dan adaptasi dengan teknologi pun sudah jadi keharusan di era digital ini. Keduanya pun telah menjadi faktor yang dapat menjadikan guru semakin berkualitas dan mampu untuk lebih bersaing.

Pentingnya Bahasa Inggris bagi Tenaga Pendidik
Menguasai bahasa Inggris sendiri menjadi salah satu hal penting bagi guru, apapun bidang yang diajarkannya. Berikut adalah hal-hal mengapa bahasa Inggris penting bagi guru, baik di sektor pendidikan formal, maupun non-formal.

1. Akses informasi yang lebih luas
Ada banyak sekali pengetahuan baru dalam berbagai keilmuan yang tidak tersedia dalam bahasa Indonesia. Sebagai bahasa Internasional, berbagai informasi ini mungkin saja ditulis dalam bahasa Inggris atau memiliki terjemahan bahasa Inggris.

Hal ini lah salah satu kenapa bahasa Inggris dianggap penting untuk memperkaya informasi dan menambah wawasan skala global. Guru pun akan berkesempatan untuk lebih up-to-date dengan teknologi atau metode edukasi terbaru sehingga akan berdampak pada perkembangan individu secara menyeluruh.

2. Sumber bahan ajar dan referensi soal
Menguasai bahasa Inggris juga dapat memperkaya bahan ajar karena lebih banyak sumber atau referensi yang dapat diakses dan direkomendasikan. Ada banyak sekali jurnal, buku, dan artikel dalam bahasa Inggris yang dapat memperkaya literasi dan bacaan.

Termasuk di dalamnya berbagai teori terbaru, beragam format dan contoh soal, serta tips dan trik penyelesaian masalah dengan lebih mudah. Semuanya bisa dimanfaatkan untuk menyusun atau melengkapi bahan ajar dan juga materi ujian yang lebih berkualitas.

3. Kesempatan karier lebih baik
Terutama bagi guru yang bekerja di sektor nonformal, penguasaan bahasa Inggris membuat guru lebih kompetitif dalam industri pendidikan. Guru yang memiliki potensi untuk meningkatkan kualitas—salah satunya dengan menguasai bahasa Inggris—cenderung dinilai lebih baik.

Oleh karena itu, menguasai bahasa Inggris juga secara tidak langsung membuka kesempatan untuk mendapat pekerjaan yang lebih baik. Biasanya hal ini juga berbanding lurus dengan peluang untuk meningkatkan penghasilan atau gaji.

Pelatihan Bahasa Inggris untuk Guru
Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh guru agar semakin kompeten dalam persaingan di era digital adalah dengan mengikuti pelatihan. Ada banyak pelatihan online maupun offline yang dapat membantu perkembangan pribadi, misalnya dalam berbahasa Inggris.

Khusus bagi guru yang ingin mengajarkan bahasa bahasa, program pelatihan bahasa Inggris gratis tersedia di Teacher Academy dari Cakap. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya guru di Indonesia untuk lebih adaptif terhadap perkembangan.

Program ini terbuka untuk lulusan S1, baik dengan latar belakang pendidikan bahasa Inggris, maupun bukan. Selain untuk membekali guru dengan pengetahuan, Cakap Teacher Academy juga memberikan sertifikat, dan kesempatan menjadi bagian dari Cakap. CM
(srf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1005 seconds (0.1#10.140)