Dukung MBKM, FKIP UT Jalin Kerja Sama dengan UIN Sunan Kalijaga

Selasa, 31 Mei 2022 - 17:59 WIB
loading...
Dukung MBKM, FKIP UT Jalin Kerja Sama dengan UIN Sunan Kalijaga
FKIP UT jalin kerja sama dengan UIN Sunan Kalijaga. Foto/Humas UT.
A A A
JAKARTA - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Terbuka ( UT ) menjalin kerja sama dengan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Tidak hanya untuk memperkuat Tri Dharma perguruan tinggi namun juga mendukung Merdeka Belajar Kampus Merdeka ( MBKM ).

Dekan FKIP UT Ucu Rahayu mengatakan, kerja sama antar institusi pendidikan tinggi pada saat ini merupakan suatu keharusan.

"Hal tersebut disebabkan oleh tuntutan program serta juga pentingnya jaringan untuk melaksanakan Tri Dharma perguruan tinggi , yang terdiri dari Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat," katanya, melalui siaran pers, Selasa (31/5/2022).

Baca: Jokowi Tak Tahu Proses RUU Sisdiknas, Pemerhati Pendidikan: Ini Fatal

Menurutnya, ketiga hal diatas menjadi poin penting dalam mewujudkan visi dari perguruan tinggi. Hal inilah yang mendasari kerja sama FKIP UT dengan dengan berbagai pihak, salah satunya dengan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Menurut Ucu, sinergi antara kedua institusi selain untuk melaksanakan Tri Dharma perguruan tinggi dan juga untuk mendukung program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) Kemendikbudristek.

Hal ini juga disampaikan oleh Dekan FITK UIN Sunan Kalijaga, yang mempunyai harapan bahwa kerja sama ini akan dapat diimplementasikan.

Baca juga: Jadi Rektor Moestopo, Prof Paiman Raharjo: Saatnya Jadi Kampus Kelas Dunia

Poin-point Perjanjian Kerja Sama terlebih dahulu disepakati, sehingga Perjanjian Kerja Sama antar fakulas nantinya dapat menjadi payung hukum untuk kerja sama antar program studi pada fakultas masing-masing.

Perjanjian kerja sama antara kedua fakultas bertempat di UPBJJ UT Surakarta pada 27 Mei 2022. Setelah melakukan penandatanganan, dilanjutkan dengan pemberian cenderamata dari FKIP UT kepada FITK UIN Sunan Kalijaga yang dilanjut dengan acara ramah tamah dan foto bersama.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1376 seconds (0.1#10.140)