Dukung Pembelajaran di SMK Kemaritiman, Ship Simulator Resmi Masuk E-Katalog

Rabu, 01 Juni 2022 - 10:20 WIB
loading...
A A A
Wikan menjelaskan, dengan membeli ship simulator karya anak bangsa ini, pemerintah dapat melibatkan lebih banyak lagi SMK sebagai impelementasi dari teaching factory dan pembelajaran berbasis proyek.

“Kami butuh dari pemda, dinas pendidikan, agar ship simulator ini bisa jadi pengadaan peralatan praktik, karena pemerintah juga mewajibkan dan mendorong belanja produk dalam negeri,” tuturnya.

Sebagai informasi, ship simulator ini dikembangkan dan diproduksi oleh BBPPMPV-BMTI dan SMK Negeri 1 Mundu, serta SMK Negeri 2 Cimahi untuk pemasangan instalasinya. Saat ini ship simulator yang sudah diproduksi sudah dikembangkan untuk lima pelabuhan, yaitu Tanjung Priok, Tanjung Perak, Benoa, Banda Neira, dan Tanjung Emas; dan lima jenis kapal, yaitu kapal kargo, kapal penumpang, kapal ikan, kapal feri, dan sekoci.

Dalam e-katalog, produk ini dapat ditemukan dengan PT. Lentera Wahana Abadi sebagai penyedia. “Ke depan ship simulator akan terus dikembangkan menyesuaikan standar peralatan pendidikan kemaritiman misalnya jumlah pelabuhan dan jenis-jenis kapal,” pungkas Wikan.
(nnz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1787 seconds (0.1#10.140)