Jurusan Soshum Sepi Peminat dengan Peluang Kerja Tinggi, Tertarik?

Jum'at, 03 Juni 2022 - 18:55 WIB
loading...
A A A
2. Jurusan Astronomi

Dari namanya saja sudah bisa diperkirakan ketika menjadi mahasiswa nanti hal-hal berbau antariksa akan menjadi bahan utama studi. Jurusan Astronomi termasuk sepi peminat karena dianggap sulit dan banyak yang belum mengetahui prospek kerjanya.

Padahal, menjadi mahasiswa jurusan ini akan banyak menemui hal seru dan mengagumkan karena bisa mengamati benda-benda langit, antara lain bintang, planet, komet, nebula, gugus bintang, atau galaksi.

Sebagai mahasiswa jurusan astronomi juga akan belajar fenomena alam yang terjadi di luar atmosfer bumi. Setelah lulus dari jurusan ini, bisa bekerja di lembaga yang menjanjikan seperti LAPAN, BMKG, observatorium, NASA atau bahkan astronot dengan gaji yang fantastis.

Di Indonesia, Institut Teknologi Bandung (ITB) merupakan satu-satunya universitas dengan jurusan astronomi di Asia Tenggara.

3. Jurusan Oseanografi

“Dari namanya, kayaknya belajar tentang laut ya?” Benar sekali. Walaupun masih asing, jurusan Oseanografi termasuk jurusan yang punya peluang kerja menjanjikan.

Oseanografi merupakan cabang dari ilmu kelautan yang mempelajari tentang berbagai aspek kelautan. Seperti organisme laut dan dinamika ekosistem, arus samudra, gelombang, geologi dasar laut, dan sebagainya.

Sebagai negara dengan mayoritas perairan, Indonesia sedang menguatkan sektor maritimnya. Maka ilmu ini sangat dibutuhkan dan relevan dengan misi tersebut. Dampaknya adalah lulusan dari jurusan ini banyak dicari dan gaji yang ditawarkan juga cukup tinggi.

Profesi yang bisa ditekuni mulai dari oceanographer, coastal modeler, metocean engineer, offshore navigator, oceanographic surveyor, hingga peneliti di lembaga swasta atau pemerintahan. Universitas dengan jurusan Oseanografi di Indonesia adalah UNDIP dan ITB.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3371 seconds (0.1#10.140)