Calon Mahasiswa, Ini 5 Tips Masuk PTN Impian setelah Gap Year

Sabtu, 04 Juni 2022 - 15:17 WIB
loading...
Calon Mahasiswa, Ini 5 Tips Masuk PTN Impian setelah Gap Year
5 tips masuk PTN impian setelah gap year. Foto/usnews.com.
A A A
JAKARTA - Tahu istilah gap year ? Atau kamu ternyata adalah orang yang memilih gap year? Jangan merasa minder atau berkurang motivasi belajarnya karena kamu memilih gap year. Simak tips masuk Perguruan Tinggi Negeri ( PTN ) untuk para gap year berikut ini.

Gap year adalah kondisi ketika seseorang memutuskan untuk tidak kuliah di tahun pertama setelah lulus dari sekolah. Tentu ada banyak alasan mengapa seseorang memilih gap year, bisa karena belum beruntung untuk lolos dari berbagai tes masuk PTN, ingin kerja dulu, belum siap kuliah, hingga belum menemukan jurusan kuliah yang cocok. Apapun itu, anak gap year tetap bisa masuk PTN impiannya.

Gap year menjadi tren tersendiri di Amerika Serikat (AS) lho. Hostelworld Group, sebuah perusahaan pemesanan hostel terkemuka di AS sempat mengadakan survei pada tahun 2016 yang berhubungan dengan gap year. Dalam survei itu, 69% responden yang berusia 18 tahun memilih untuk gap year agar bisa bebas traveling setelah masa sekolah yang melelahkan. Jadi, gap year itu sebenarnya tidak buruk.

Baca: Kembangkan Mobil Berenergi Hidrogen, ITS Siap Taklukkan SEM Asia 2022

Mengutip dari laman Ruangguru, berikut ini adalah kiat-kiat bagaimana anak gap year bisa menggapai impiannya untuk masuk PTN favoritnya.

1. Tumbuhkan Motivasi Belajar

Kebanyakan orang yang memilih gap year karena kurang beruntung dalam tes masuk PTN di tahun sebelumnya kemungkinan memiliki motivasi belajar yang menurun. Maka dari itulah, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menumbuhkan motivasi belajar terlebih dahulu.

Motivasi itu bisa kamu cari di mana saja. Misalnya, kamu bisa melihat bagaimana teman-temanmu sekarang, terutama mereka yang sudah bangga dengan almamaternya dan sudah merasakan gimana dunia perkuliahan itu.

2. Atur Target

Motivasi belajar sudah dapat, langkah selanjutnya adalah mengatur target. Dengan punya target, kamu bisa tahu mana jalur yang mau kamu ambil untuk masuk ke PTN impian. Target-target itu di antara lain adalah target belajar, target nilai yang ingin kamu dapat, serta target jurusan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1544 seconds (0.1#10.140)