5 Jurusan Kuliah bagi Pecinta Petualang, dari Arkeologi hingga Pariwisata

Kamis, 09 Juni 2022 - 05:10 WIB
loading...
5 Jurusan Kuliah bagi Pecinta Petualang, dari Arkeologi hingga Pariwisata
Jurusan Arkeologi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Bagi sebagian mahasiswa , berjam-jam di dalam kelas dan berkutat dengan tumpukan buku sangat menjemukan. Kegiatan praktik di luar ruangan akan jauh lebih menarik karena bisa sekalian melihat berbagai pemandangan dan menghirup udara segar.



Apa saja jurusan kuliah yang menyediakan mata kuliah dengan kegiatan praktik semacam ini? Berikut ini adalah beberapa jurusan kuliah buat kamu yang tidak betah berlama-lama di dalam ruangan.

1. Fotografi

Jurusan fotografi akan menuntut mahasiswanya untuk hunting mencari objek atau apa pun yang bernilai untuk dipotret. Karena itu, kebanyakan mata kuliah fotografi lebih berfokus pada praktik. Di jurusan ini, mahasiswa akan diajari mempelajari komposisi, warna, shutter, berbagai macam angle, fokus, dan banyak teknik fotografi lainnya.

Peminatannya pun juga banyak. Mahasiswa bisa memilih fotografi komersial yang cenderung pada promosi dan peningkatan branding suatu produk, fotografi human interest yang menekankan pada potret kehidupan manusia, hingga fotografi untuk jurnalistik.



Kamera yang digunakan tidak hanya DLSR, tapi mahasiswa juga akan belajar menggunakan kamera analog. Beberapa universitas yang menyediakan forografi adalah Institut Seni Indonesia Yogyakarta, kampus Kesenian Jakarta, Universitas Trisakti, hingga Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta.

2. Arkeologi

Arkeologi fokus pada pembelajaran gabungan antara ilmu sejarah dan ilmu geologi. Mahasiswa arkeologi akan belajar sejarah dan kebudayaan peninggalan zaman dahulu, jadi mereka akan sering keluar ruangan untuk melakukan serangkaian penelitian tentang tempat-tempat bersejarah atau situs-situs purbakala.

Beberapa mata kuliahnya, seperti yang ada di UGM, adalah pengantar arkeologi, peradaban kuno, keramologi, kuratorial museum, hingga membuat pameran. Lulusan arkeologi bisa menjadi jurnalis, arkeolog, kurator museum, atau pemandu wisata.

Beberapa kampus yang menyediakan jurusan arkeologi adalah Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Hasanuddin, Universitas Jambi, Universitas Halu Oleo, dan Universitas Udayana.

3. Jurusan Pariwisata

Dilansir dari situs Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan (IBIK), jurusan pariwisata mempelajari semua hal tentang pariwisata, mulai dari manajemen destinasi wisata, tour travel, hingga hospitaliti perhotelan. Jurusan ini mengharuskan mahasiswanya untuk praktik travel ke berbagai tempat wisata.
Hal ini tentu cocok untuk mereka yang ingin belajar sambil jalan-jalan. Mata kuliahnya bermacam-macam, ada hospitality & tourism, MICE, food & beverages service management, dan masih banyak lagi. Seorang lulusan pariwisata bisa berkarier di berbagai tempat, seperti hotel, resort, restoran, cottage, dan kapal pesiar.

Beberapa kampus yang punya jurusan pariwisata adalah Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya, Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan, dan Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti.

4. Jurusan Ilmu Kelautan

Jurusan ilmu kelautan mempelajari tentang ekologi, meteorologi, konservasi, dan pemberdayaan masyarakat pesisir yang kebanyakan berprofesi sebagai nelayan. Jadi, mahasiswa akan dibekali dengan observasi, studi laboratorium, hingga diving, yang tentunya berada di luar ruangan.

Adapun mata kuliah yang dipelajari adalah geologi, selam, bioteknologi, fisiologi hewan akuatik, dan masih banyak lagi. Prospek kerja lulusan ilmu kelautan bisa bekerja sebagai akuakultur, spesialis konservasi alam, teknisi kelautan, dan pegawai di instansi pemerintah terkait kelautan dan perikanan.

Universitas yang menaungi jurusan ini cukup banyak di Indonesia, di antaranya Universitas Riau, Universitas Brawijaya, Universitas Sriwijaya, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Padjajaran, Universitas Hasanuddin, dan Universitas Diponegoro.

5. Jurusan Antropologi

Berdasarkan situs Brain Academy, jurusan antropologi belajar tentang segala hal yang berhubungan mengenai manusia, mulai dari kebudayaan, biologi, sosial, perilaku, hingga pola pikir. Mata kuliahnya pun beragam, seperti pengantar antropologi, pengantar sosiologi, antropologi sosial budaya, antropologi hukum, hingga berkaitan dengan kesehatan, biologi, dan ekonomi.

Terkadang, mahasiswa antropologi diberi tugas praktik untuk observasi langsung ke masyarakat adat tertentu, sehingga pembelajaran tak hanya didampingi dengan buku-buku saja. Lulusan antropologi bisa menjadi antropolog, bekerja sebagai PNS di lembaga pemerintah, peneliti, wartawan, hingga wirausaha.

Beberapa kampus yang menyediakan jurusan antropologi adalah Universitas Airlangga, Universitas Hasanuddin, Universitas Padjadjaran, Universitas Indonesia, Universitas Sumatera Utara, Universitas Udayana, dan Universitas Gadjah Mada.

Dilansir dari berbagai sumber:
Alifia Nur Faiza/Litbang MPI
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2867 seconds (0.1#10.140)