5 Kampus dengan Fakultas Kedokteran Gigi Terbaik di Indonesia

Kamis, 09 Juni 2022 - 11:41 WIB
loading...
5 Kampus dengan Fakultas Kedokteran Gigi Terbaik di Indonesia
Kampus dengan fakultas kedokteran gigi terbaik di Indonesia. Foto/Ist.
A A A
JAKARTA - Kampus dengan fakultas kedokteran gigi terbaik di Indonesia bisa menjadi referensi calon mahasiswa baru untuk mendaftar kuliah. Sejumlah kampus pun telah meraih akreditasi A sehingga mutu dan kualitasnya pun tak diragukan lagi.

Program studi Kedokteran Gigi tidak kalah pamornya dengan Pendidikan Dokter yang ramai diincar di jalur penerimaan mahasiswa seperti SNMPTN, SBMPTN, ataupun jalur mandiri baik di PTN dan PTS. Hal ini karena lulusan kedokteran gigi memang masih banyak dibutuhkan di Indonesia.

Mahasiswa kedokteran gigi akan mempelajari tentang kesehatan oral manusia, mulai dari daerah gigi dan mulut, hingga cara menangani dan mengobati berbagai permasalahan di area tersebut. Tak hanya tentang kesehatan gigi, mereka juga akan mempelajari estetika gigi dan mulut.

Selain akan mempelajari tentang ilmu kedokteran gigi dasar, ilmu kesehatan gigi mulut, periodonsia, biomedik, karies gigi, hingga penyakit jaringan, mahasiswa kedokteran gigi akan banyak menjalani kegiatan praktik.

Bagi kalian yang ingin mendaftar ke fakultas kedokteran gigi, berikut ini lima perguruan tinggi dengan program studi kedokteran gigi di Indonesia jenjang sarjana yang telah meraih akreditasi A yang datanya dirangkum dari laman resmi Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Baca: Universitas Terbaik Indonesia Versi QS WUR 2023, Ini Daftar Lengkapnya

1. Universitas Indonesia (UI)

Dikutip dari laman FKG UI, program pendidikan dokter gigi FKG UI secara resmi dimulai 1960 berdasarkan SK Menteri Pendidikan, Pengajaran, dan Kebudayaan RI No.108049, tertanggal 21 Desember 1960. Walaupun dibagi menjadi dua tahapan program, yaitu program akademik dengan gelar lulusan Sarjana Kedokteran Gigi (SKG) dan program profesi dengan gelar lulusan dokter gigi (drg), program pendidikan dokter gigi merupakan program terminal, sehingga diharapkan semua lulusannya mencapai gelar dokter gigi (drg).

Dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, tidak mungkin semua materi dapat diajarkan, sehingga strategi pembelajaran dengan kuliah mimbar (teacher centered) yang selama ini dilaksanakan di FKG UI dirasakan tidak lagi memadai. Oleh karena itu, sejak tahun 2003 pendidikan akademik diselenggarakan dengan cara pembelajaran aktif menggunakan strategi Pembelajaran Berdasarkan Masalah (PBM) atau Problem Based Learning (PBL), yang lebih menekankan pembelajaran terpusat pada mahasiswa (Student Centered Learning).

2. Universitas Airlangga (Unair)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1391 seconds (0.1#10.140)