5 Jurusan Kuliah untuk Anak IPS yang Jarang Diminati tapi Prospek Kerja Menjanjikan

Kamis, 09 Juni 2022 - 12:27 WIB
loading...
5 Jurusan Kuliah untuk Anak IPS yang Jarang Diminati tapi Prospek Kerja Menjanjikan
Jurusan Kriminologi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Jurusan kedokteran, hubungan internasional, komunikasi, ekonomi hingga teknik terkenal sebagai jurusan favorit bagi mahasiswa ketika ingin melanjutkan ke perguruan tinggi.



Sementara itu, ada beberapa jurusan yang kurang favorit dan sedikit peminatnya, namun mempunyai peluang karier yang tak kalah. Berikut jurusan IPS yang jarang diminati, tapi memiliki prospek kerja menjanjikan.

1. Administrasi Fiskal

Prospek kerja dari jurusan Administrasi Fiskal ini cukup menjanjikan. Pada jurusan ini, mahasiswa akan mempelajari tentang dasar perpajakan, kebijakan fiskal, tata kelola aset negara.

Setelah tamat, lulusan Administrasi Fiskal ini dapat menjadi seorang peneliti, akademisi, petugas bea cukai, petugas imigrasi, hingga konsultan perencanaan pajak.



2. Arkeologi

Arkeologi mempelajari tentang kebudayaan manusia pada masa lalu dan saat ini, melalui kajian yang berdasarkan pada data serta benda peninggalan. Mahasiswa akan mempelajari serta menganalisis benda peninggalan purbakala.

Para lulusannya dapat menjadi seorang peneliti, akademisi, hingga staf museum. Bahkan terdapat pula peluang untuk bergabung dengan penelitian internasional.

3. Kriminologi

Mahasiswa Kriminologi akan mempelajari teori serta praktik yang berhubungan dengan kriminalitas dalam lingkup nasional maupun internasional. Lulusan jurusan ini dapat berkarier sebagai intelijen, detektif, hingga investigator.

Saat ini hanya ada tiga perguruan tinggi yang menyediakan jurusan Kriminologi, yaitu Universitas Indonesia, Universitas Islam Riau, dan Universitas Budi Luhur.

4. Filsafat

Jurusan Filsafat memang terkesan rumit. Hal ini lantaran memerlukan logika bahasa serta logika berpikir. Di jurusan ini, mahasiswa dapat mempelajari banyak hal. Mulai dari cara bersikap kritis guna menyelesaikan masalah hingga perilaku serta fenomena manusia. Para lulusan dapat menjadi peneliti, pengajar, penasihat negara, konselor, hingga content writer.

5. Sejarah

Jurusan Sejarah tidak hanya mempelajari masa lalu. Jurusan ini juga mempelajari aspek politik, ekonomi, budaya, militer, geografi, maritim, serta politik. Prospek pekerjaan untuk lulusan ini bukan hanya terbatas sebagai sejarawan.

Beberapa prospek kerja lainnya adalah menjadi peneliti, penulis, jurnalis, diplomat, hingga bidang lain yang berkaitan dengan sejarah.

Diolah dari berbagai sumber:
Tika Vidya Utami/Litbang MPI
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2710 seconds (0.1#10.140)