Dorong Pelajar Miliki Profil Pancasila, Kemendikbudristek Gelar Kampanye Digital

Jum'at, 10 Juni 2022 - 15:59 WIB
loading...
Dorong Pelajar Miliki Profil Pancasila, Kemendikbudristek Gelar Kampanye Digital
Dorong pelajar miliki profil Pancasila, Puspeka Kemendikbudristek menggelar Kampanye Digital. Foto/Kemendikbudristek.
A A A
JAKARTA - Pusat Penguatan Karakter ( Puspeka ) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ( Kemendikbudristek ) tengah menggelar Kampanye Digital (Digital Campaign Activity). Program ini digelar guna mendorong generasi muda bangga terhadap Pancasila.

Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Puspeka Kemendikbudristek Hendarman mengatakan, jika generasi muda sudah mengamalkan Profil Pelajar Pancasila maka dengan sendirinya mereka akan memahami pentingnya Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Dengan demikian, diharapkan para Pelajar Pancasila akan Bangga Punya Pancasila,” ujar Hendarman dalam keterangan tertulis, dikutip MPI, Jumat (10/6/2022).

Baca: Buddyku Goes to Campus BINUS: Tunggu Apa Lagi, Raih Kesempatan di Dunia Digital dengan Menjadi Content Creator

Lebih lanjut, Hendarman menuturkan, terdapat enam nilai profil Pelajar Pancasila , yakni:

1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia,
2. Berkebinekaan global
3. Gotong-royong
4. Mandiri
5. Bernalar kritis, dan
6. Kreatif.

Hendarman menambahkan, rangkaian kegiatan Kampanye Digital menyajikan pesan-pesan sosial yang bertujuan untuk membangkitkan kepedulian masyarakat terhadap sejumlah masalah yang harus mereka hadapi dan menjadikan nilai luhur Pancasila sebagai acuan dalam menemukan solusi.

“Seperti kondisi yang bisa mengancam keselarasan dan kehidupan berbangsa dan bernegara dikarenakan tidak adanya pengetahuan serta pemahaman akan Pancasila itu sendiri yang menyebabkan adanya degradasi pemahaman dan pengamalan,” ucapnya.

Baca juga: PPDB SD 2022 Kota Tangerang Mulai 13 Juni, Diawali Jalur Afirmasi dan ABK

Terlebih, kata Hendarman, dengan adanya kegiatan tersebut, baik itu pelajar dan generasi muda Indonesia mampu tergerak untuk mengamalkan nilai luhur tersebut di dalam kesehariannya dan tidak hanya sekedar mengetahui.

“Dengan mendekatkan Pancasila dengan elemen-elemen berkehidupan sehari-hari di kalangan generasi muda, maka mereka bisa dekat dan bangga dengan menjalankan ideologi Pancasila dalam keseharian mereka,” tuturnya.

Adapun Kemendikbudristek menggelar lomba yang dimulai pada 8 s.d. 26 Juni 2022, yaitu Lomba Mewarnai untuk usia PAUD-SD serta Lomba Kreasi Post Story Instagram dengan menggunakan fitur stiker di Instagram untuk usia SMP, SMA/SMK, Perguruan Tinggi, dan masyarakat umum.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0988 seconds (0.1#10.140)