Jurusan Saintek-Soshum Paling Diminati di Unsri, Ini Daftarnya

Minggu, 12 Juni 2022 - 14:24 WIB
loading...
Jurusan Saintek-Soshum Paling Diminati di Unsri, Ini Daftarnya
Universitas Sriwijaya (Unsri). Foto/Dok/Unsri
A A A
JAKARTA - Universitas Sriwijaya (Unsri) menjadi salah satu tujuan belajar calon mahasiswa baru lewat seleksi SBMPTN. Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ini tercatat berada di urutan kelima nasional sebagai penerima terbanyak SBMPTN 2021 dengan total 4.171 orang yang lulus seleksi.

Unsri memiliki 56 program studi (prodi), yang terdiri dari bidang sains dan teknologi atau saintek sebanyak 38 prodi dan 18 prodi lainnya bidang Sosial dan Humaniora atau soshum.



Dilansir dari laman sidata-ptn.ltmpt.ac.id, tercatat ada 16 prodi di masing-masing bidang saintek dan soshum di Unsri dengan angka peminat tahun 2020 melebihi 1000 orang.

Berikut daftar jurusan paling favorit di Universitas Sriwijaya Bidang Saintek dan Soshum yang bisa menjadi pilihanmu.

1. Pendidikan Dokter (Kedokteran)
Passing grade: 47,80%
Akreditasi: A

Jurusan paling favorit di Universitas Sriwijaya Bidang Saintek dan Soshum yang pertama adalah Jurusan Pendidikan Dokter. Persaingan untuk masuk ke jurusan ini sangat ketat. Di tahun 2019, ada total 1.609 pendaftar yang memperebutkan kursi mahasiswa yang hanya tersedia 125 kursi.



2. Farmasi
Passing grade: 31,20%
Akreditasi: B

Selanjutnya, ada Jurusan Farmasi yang mempelajari seluk-beluk tentang racikan obat-obatan serta penggunaannya. Jumlah peminat jurusan favorit ini tahun 2019 lalu adalah 1.190 orang dari jumlah kursi yang tersedia 60 kursi.

3. Teknik Sipil
Passing grade: 27,60%
Akreditasi: A

Jika kamu berminat untuk mempelajari pembangunan ilmu bangunan, jurusan favorit di Universitas Sriwijaya ini sangat cocok. Tingkatkan kemampuan intelegensimu, sebab tahun lalu ada total 1.000 peminat yang memperebutkan 70 bangku mahasiswa baru untuk jurusan ini.

4. Teknik Informatika
Passing grade: 38,60%
Akreditasi: B

Tenaga ahli dari Jurusan IT diprediksi akan banyak dibutuhkan di masa depan. Tak heran jika di Universitas Sriwijaya, jurusan ini punya banyak peminat. Tahun lalu, perbandingan kesempatan masuk jurusan Teknik Informasi adalah 1:10.

5. Kesehatan Masyarakat
Passing grade: 29,60%
Akreditasi: B

Sedangkan untuk Jurusan Kesehatan Masyarakat, jumlah peminat tahun lalu ada sebanyak 1.061 orang yang memperebutkan 110 kursi. Tahun 2020 ini, bukan tidak mungkin jumlah peminatnya akan lebih banyak.

6. Teknik Pertambangan
Passing grade: 35,80%
Akreditasi: B

Jurusan Teknik Pertambangan mempelajari teknik eksplorasi dan eksploitasi sumber daya alam dan mineral. Indonesia sebagai negara yang kaya dengan sumber daya alam dan mineral pasti membutuhkan banyak lulusan Jurusan Teknik Pertambangan.

7. Sistem Informasi
Passing grade: 25,60%
Akreditasi: B

Gaji dari pekerjaan Jurusan Sistem Informasi digadang-gadang akan terus naik seiring dengan kebutuhan tenaga ahlinya. Nah, buat kamu yang mau bekerja di bidang komputer dan sistem, jurusan ini bisa menjadi pilihan.

8. Agribisnis
Passing grade: 25,80%
Akreditasi: A

Jurusan Agribisnis Universitas Sriwijaya adalah jurusan yang berkaitan dengan Ilmu Biologi. Kamu akan mempelajari bisnis dari hasil pertanian. Selain menjadi entrepreneur yang bermanfaat, lulusan jurusan ini juga akan membantu para petani di seluruh daerah.

9. Manajemen
Passing grade: 32,10%
Akreditasi: A

Salah satu jurusan paling favorit di Universitas Sriwijaya Bidang Saintek dan Soshum adalah Manajemen. Persaingan untuk masuk ke jurusan yang mempelajari pengelolaan perusahaan atau organisasi ini cukup ketat.

Tahun lalu, jumlah peminat ada sebanyak 1.503 orang, padahal ketersediaan kuota hanya ada 100 kursi untuk mahasiswa baru.

10. Ilmu Hukum
Passing grade: 25,40%
Akreditasi: A

Sejak dulu, Jurusan Ilmu Hukum memang banyak diminati, termasuk di Universitas Sriwijaya. Kualitasnya terbilang baik dengan Akreditasi A. Salah satu lulusan hebat dari jurusan ini adalah sosok Antasari Azhar.

11. Akuntansi
Passing grade: 35,60%
Akreditasi: B

Jurusan Akuntansi Universitas Sriwijaya tahun lalu menyediakan 100 kursi untuk mahasiswa baru. Namun, jumlah peminatnya hampir 10 kali lipat yakni sebanyak 920 peminat.

12. Ilmu Administrasi Negara
Passing grade: 33,50%
Akreditasi: A

Dengan raihan label Akreditasi A, Jurusan Ilmu Administrasi Negara di Universitas Sriwijaya jadi makin populer dibidik calon mahasiswa. Jurusan ini berada dalam naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).

Perbandingan kemungkinan untuk masuk jurusan dengan passing grade tinggi ini adalah 1:9.

13. PGSD
Passing grade: 30,20%
Akreditasi: B

Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) juga memiliki peminat yang tinggi. Ketersediaan karir untuk lulusan ini juga terbilang berpeluang besar, sebab industri pendidikan di Indonesia yang semakin berkembang.

14. Ilmu Komunikasi
Passing grade: 38,98%
Akreditasi: B

Ilmu Komunikasi mengkaji bentuk-bentuk komunikasi dari hubungan antar-manusia. Lulusannya bisa bekerja di bidang humas, industri periklanan, media, dan lain sebagainya.

Tahun lalu, jurusan yang satu ini memiliki jumlah peminat 1.356 dari total kursi yang disediakan sebanyak 150 kursi.

15. Sosiologi
Passing grade: 21,50%
Akreditasi: A

Ini dia jurusan dengan akreditasi A namun nilai passing grade-nya tidak terlalu tinggi. Materi pelajaran Sosiologi bisa diaplikasikan di banyak bidang kerja.

Perbandingan kemungkinan untuk lolos ke Jurusan Sosiologi adalah 1:11, dimana jumlah peminat tahun lalu sebanyak 1.116 dan jumlah kursi tersedia adalah 100 kursi.

16. Ekonomi Pembangunan
Passing grade: 28,60%
Akreditasi: A

Jurusan paling favorit di Universitas Sriwijaya Bidang Saintek dan Soshum yang terakhir adalah Jurusan Ekonomi Pembangunan. Yakni dengan jumlah peminat 862 orang, dari ketersediaan kursi untuk 100 mahasiswa baru.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2678 seconds (0.1#10.140)