Apakah Kuliah S2 Bisa Menjamin Seseorang Mendapat Pekerjaan yang Enak dan Nyaman?

Kamis, 16 Juni 2022 - 16:09 WIB
loading...
Apakah Kuliah S2 Bisa Menjamin Seseorang Mendapat Pekerjaan yang Enak dan Nyaman?
Sebagian besar orang belum mempercayai apakah titel S2 dapat menjamin seseorang memiliki pekerjaan yang nyaman dan memiliki gaji besar. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sebagian besar orang belum mempercayai apakah titel S2 dapat menjamin seseorang memiliki pekerjaan yang nyaman dan memiliki gaji besar. Tentunya jawaban itu tergantung dari sudut pandang yang diambil orang tersebut.

Sebelum itu, setidaknya perlu diketahui bahwa program S2 ini merupakan jenjang lanjutan yang bisa diambil lulusan S1 atau sarjana. Dalam hal manfaat, program S2 ini sebenarnya cukup banyak memiliki manfaat.

Baca juga : Pendaftaran Beasiswa Prestasi Talenta S2 Diperpanjang

Dikutip dari pemberitaan sebelumnya, beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari jenjang S2 adalah Kemampuan dan Ilmu yang bertambah, memperluas hubungan atau koneksi dengan orang lain hingga peluang menempati posisi tinggi di sebuah pekerjaan.

Jika dicermati, dengan tingkat persaingan yang semakin tinggi di dunia kerja, bukan tidak mungkin kedepannya perusahaan-perusahaan akan meningkatkan juga persyaratan minimal untuk calon karyawannya.

Sejalan dengan hal tersebut, seseorang dengan jenjang pendidikan S2 memiliki kesempatan yang cukup lebar dalam persaingan ini. Karena secara ilmu atau pendidikan yang didapat, tentu saja dia lebih unggul dibandingkan lulusan dibawahnya.

Baca juga : 7 Alasan Mengapa Kuliah S2 Itu Penting

Lantas, apa kuliah S2 ini bisa dikatakan penting dan menjamin seseorang mendapat pekerjaan?

Jika merujuk pada tujuannya, kuliah S2 tentu penting. Penting dalam memperdalam sebuah disiplin ilmu, serta membuat lulusannya memiliki nilai lebih dibandingkan lulusan dibawahnya. Namun, untuk pertanyaan apakah menjamin seseorang mendapatkan pekerjaan yang enak dan nyaman, tentu tidak sepenuhnya benar.

Karena faktanya, tingkat kenyamanan pekerjaan tentu relatif berbeda. Bahkan, jika seorang lulusan S2 menghendaki untuk langsung bekerja di perusahaan besar dan bergaji tinggi, hal tersebut rasanya cukup sulit dilakukan.

Alasannya sederhana. Selain menerima kualifikasi pendidikan yang tinggi, sebuah perusahaan biasanya juga melihat dari riwayat pekerjaan atau pengalaman yang dimilikinya. Apabila dia memang kompeten di bidangnya dan memiliki sepak terjang yang cukup mumpuni, barulah keadaan tersebut bisa terjadi.

Namun, tentu akan berbeda cerita ketika seorang lulusan S2, tanpa pengalaman pekerjaan apapun, tetapi menginginkan posisi tinggi dan gaji yang besar. Hal tersebut hanya akan menjadi utopia belaka yang sangat sulit untuk diwujudkan.

Jadi, bisa dipahami bahwa tingkat pendidikan bukan hanya soal gelar dan prospek kerja. Tetapi soal kualitas diri dan kedalaman ilmu yang dimiliki. Sehingga, bisa disimpulkan, kuliah S2 memang memiliki peranan penting dan bisa menentukan pekerjaan kedepannya. Dengan catatan, lulusan tersebut benar-benar kompeten di bidangnya serta memiliki riwayat yang relevan pada bidang yang dipilihnya.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1604 seconds (0.1#10.140)