Ingin Masuk Oxford? Cek Syarat Kuliah dan Tips Suksesnya

Selasa, 21 Juni 2022 - 12:54 WIB
loading...
A A A
Perlu diketahui, melalui situs universitas, tes wawancara ditunjukkan melalui fitur wawancara tiruan, dan contoh pertanyaan untuk membantu para pelamar. Sehingga calon mahasiswa bisa mempelajari tes wawancara tersebut untuk persiapan sejak dini.

4. IPK (untuk lanjut S2) dan skor IELTS/TOEFL

Di Oxford, setiap fakultas memiliki persyaratan yang berbeda-beda. Bagi yang ingin melamar harus rajin cek informasi pada website atau menghubungi departemen terkait. Perlu diingat, akan selalu ada pengecualian untuk persyaratan-persyaratan standar. Beberapa mahasiswa Indonesia berhasil diterima meskipun IPK dan IELTS/TOEFL sedikit di bawah persyaratan minimum. Dalam proses penerimaan, IPK bukanlah satu-satunya pertimbangan. Pengalaman serta prestasi yang relevan dengan bidang studi yang dipilih lebih diutamakan. Maka lebih baik catat semua pengalaman dan penghargaan yang pernah diraih.

5. Surat Rekomendasi

Untuk program pascasarjana, terutama program doktor (D.Phil), surat rekomendasi sangat penting dan berpengaruh. Siapa saja yang cocok sebagai pemberi rekomendasi?

- Sudah pernah bekerja denganmu dalam periode waktu yang cukup untuk memberi penilaian berarti.
- Dapat memberikan rekomendasi positif. Bisa memaparkan kelebihan-kelebihanmu dengan spesifik. Surat rekomendasi yang bernada umum tidak akan terlalu membantu.
- Senior di bidangnya, atau yang cukup dikenal baik di dunia internasional.

Namun, kriteria di atas bukan syarat minimal atau terjamin pasti diterima. Ada juga beberapa mahasiswa yang diterima meski pemberi rekomendasinya tidak memenuhi seluruh kriteria di atas.

6. Biaya Kuliah

Beasiswa bisa menjadi pilihan bagi kalian yang ingin lanjut kuliah di Oxford. Namun tidak sebatas beasiswa, kalian jugabisa kuliah sambil kerja sambilan di sana. Selain bisa menambah uang jajan, kamu juga bisa menggunakan penghasilan dari kerja sambilan itu untuk meringankan biaya kuliah. Terlebih mahasiswa di luar negeri biasanya lebih mudah mendapatkan pekerjaan sambilan. Jenis pekerjaan yang bisa dicoba seperti menjadi pelayan di kedai kopi, resepsionis atau administrator di kampus, penjaga perpustakaan, atau pengasuh anak.

Cara lain yang bisa dilakukan untuk membiayai kuliah di universitas tertua Inggris ini adalah melalui student loan. Apa itu? Masyarakat Indonesia memang masih banyak yang belum familiar dengan hal yang satu ini. Student loan adalah pinjaman pendidikan yang pengembalian pembayarannya dapat dilakukan setelah siswa tersebut lulus kuliah dan bekerja. Cara ini sudah sering diterapkan di negara-negara maju seperti Inggris, Amerika Serikat, Australia, dan Selandia Baru.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2634 seconds (0.1#10.140)