8 PTN dengan Kuota Jalur Mandiri Terbanyak 2022, UGM hingga UI

Rabu, 22 Juni 2022 - 16:31 WIB
loading...
8 PTN dengan Kuota Jalur Mandiri Terbanyak 2022, UGM hingga UI
8 PTN dengan kuota jalur mandiri terbanyak. Foto/Ilustrasi/Dok/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Perguruan tinggi negeri ( PTN ) di Indonesia tidak hanya membuka pintu masuk melalui SNMPTN atau SBMPTN saja melainkan juga membuka jalur seleksi mandiri dalam penerimaan mahasiswa baru. Simak delapan PTN yang menyediakan kuota jalur mandiri terbanyak sebagai pertimbangan bagi kalian calon mahasiswa.

Jalur penerimaan mahasiswa baru program sarjana di PTN itu dilakukan melalui tiga mekanisme. Pertama jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SNMPTN ) dengan kuota minimum 20%.

Kedua ada jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SBMPTN ) berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) saja atau hasil UTBK dan kriteria lain yang kuotanya ditetapkan minimum 40%.

Kemudian ada jalur seleksi mandiri dengan kuota maksimum 30%. Seleksi mandirinya pun dapat menggunakan hasil UTBK atau tergantung keputusan masing-masing PTN. Dengan catatan, untuk PTN Badan Hukum (PTN-BH) kuota SBMPTNnya minimum 30% dan seleksi mandirinya maksimum 50%.

Baca: Ini Alasan Utama Kenapa Jurusan Kedokteran Banyak Peminatnya

Lalu mana saja PTN dengan daya tampung Jalur Mandiri paling banyak ? Berikut referensi kuota Jalur Mandiri terbesar yang bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan sebelum mendaftar ke satu PTN tertentu di tahun ini dikutip dari laman Akupintar.

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

UGM menggabungkan daya tampung SBMPTN dan Seleksi Mandiri. Pilihan jurusannya mencakup Program Sarjana dan Vokasi, total mencapai 91 jurusan. Jika digabungkan, daya tampung Jalur Mandiri dan SBMPTN di UGM mencapai sekitar 8.932 kursi. Tentunya, daya tampung Mandiri UGM 2022 lebih kecil dari angka tersebut.

2. Universitas Diponegoro (Undip)

Undip adalah salah satu kampus dengan Jalur Mandiri terbanyak, apalagi ada Mandiri Reguler dan Kelas Internasional. Untuk Program Sarjana pada 11 fakultas di Jalur Mandiri Reguler, daya tampung Mandiri Undip 2022 mencapai 5.071 kursi.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1061 seconds (10.101#12.26)