Mau Sukses Lulus SIMAK UI? Ini Tiga Tips yang Bisa Dicoba

Selasa, 28 Juni 2022 - 14:15 WIB
loading...
A A A
Tips Belajar Jitu Lolos SIMAK UI

Selain keketatan, ada faktor-faktor dari diri kita sendiri yang turut menentukan peluang lulus SIMAK UI. Mungkin kamu pernah mendengar tips Masuk UI dari A sampai Z, tetapi sejujurnya tidak ada keajaiban tanpa usaha yang sungguh-sungguh dari kita untuk belajar menyiapkan diri menghadapi ujiannya.

Jadi, apa saja tips belajar jitu lolos SIMAK UI itu? Berikut beberapa tips belajar SIMAK UI yang bisa kamu terapkan dikutip dari laman Akupintar.

1. Tenang menghadapi ujian

Tenang menjelang ujian itu memang lebih mudah diteorikan daripada dipraktikkan, apalagi bagi calon mahasiswa yang baru saja gagal di SBMPTN. Meskipun rasa-rasanya hampir mustahil, tetap usahakan untuk merasa tenang ya. Pasalnya, hanya dari pikiran, hati, dan jiwa yang tenang maka kita dapat memberikan performa terbaik kita. Lakukan healing dengan caramu sendiri di sela-sela belajar SIMAK UI, entah dengan mengurangi bermain medsos atau dengan memperbaiki kedekatanmu dengan Tuhan, misalnya.

2. Memiliki harapan yang realistis

Soal-soal SIMAK UI dianggap lebih sulit ketimbang soal-soal UTBK. Alih-alih overthinking, sebaiknya kita mulai realistis dengan kemampuan diri sendiri. Perhatikan lagi berapa jumlah soal yang selama ini terjawab selama berlatih. Cermati juga berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menjawab satu soal.

Kalian akan dihadapkan pada durasi tes SIMAK UI 2022 yang terbatas dan soal yang sulit. Jangan sampai kalian terobsesi untuk menjawab seluruh soal sampai menghabiskan terlalu banyak waktu di satu soal saja.

3. Efisien dalam menjawab soal

Berikut ini strategi agar kalian tidak membuang waktu untuk satu soal saja. Pertama, kerjakan seluruh soal yang dianggap mudah dan bisa dikerjakan dengan cepat. Kemudian, lanjutkan mengerjakan soal yang rasa-rasanya bisa kalian kerjakan, tetapi membutuhkan waktu lebih lama.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1987 seconds (0.1#10.140)