7 Tips Lolos CPNS, Ini yang Perlu Kamu Siapkan!

Kamis, 07 Juli 2022 - 16:13 WIB
loading...
7 Tips Lolos CPNS, Ini yang Perlu Kamu Siapkan!
7 tips lolos CPNS, ini yang perlu kamu siapkan!. Foto/Dok/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Tips lolos CPNS bisa dicoba bagi kalian yang ingin mencoba menjadi calon abdi negara di berbagai instansi pusat maupun instansi daerah. Ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan selain rajin belajar, kelengkapan dokumen, hingga mengetahui ketentuan nilai ambang batas atau passing grade.

Setiap tahunnya, tes CPNS menarik minat ribuan masyarakat yang ingin bekerja di instansi pemerintah. Adanya anggapan menjadi PNS itu prestis, gaji yang stabil, adanya berbagai tunjangan, dan alasan lainnya sehingga banyak orang yang termotivasi menjadi PNS .

Nah bagi kalian yang ingin menjadi PNS bisa disimak tujuh tips lolos CPNS seperti dikutip dari berbagai sumber berikut ini.

1. Selalu update informasi mengenai CPNS

Informasi mengenai CPNS bisa dicek dari berbagai ketentuan dan syarat yang disediakan Badan Kepegawaian Negara (BKN), KemenPAN RB, atau instansi resmi pemerintah lainnya. Catat juga jadwal penting pendaftarannya agar tidak terlewat melakukan registrasi. Informasi juga perlu dipantau jika pemerintah melakukan perubahan ketentuan yang akan sayang jika dilewatkan.

Baca: Ini 3 Jurus Jitu Jadi Pemimpin Transformasional ala Elon Musk

2. Siapkan dan lengkapi dokumen yang diperlukan

Mengingat tes CPNS ada seleksi administrasi maka kelengkapan dokumen merupakan syarat mutlak. Pastikan kalian sudah menyiapkan seluruh kebutuhan dokumen untuk pendaftaran dengan lengkap. Jangan lupa, pastikan lagi apakah semua dokumen tersebut valid dan tepat sesuai persyaratan yang ditetapkan oleh instansi dan formasi yang dibuka.

3. Buat jadwal belajar dan rajin latihan soal

Tips lolos yang ketiga adalah buatlah jadwal belajar untuk bisa mengasah soal-soal ujian. Biasanya tes CPNS akan menguji Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan 3 materi yang diujikan seperti Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Juga ada Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Maka luangkanlah waktu untuk belajar intensif untuk berlatih soal, mempelajari kisi-kisi, hingga membaca berbagai materi.

4. Ikut kelompok belajar atau bimbel

Belajar sendiri kadang bagi beberapa orang terasa berat dan bosan. Kalian bisa mengatasinya dengan membuat kelompok belajar atau ikut bimbel agar makin semangat untuk belajar.

5. Perhatikan passing grade
‍
Peserta yang dinyatakan lulus CPNS itu harus lulus nilai ambang batas atau passing grade yang ditetapkan pemerintah. Maka tips yang satu ini tidak boleh dilewatkan juga.

Baca juga: Kisah Inspiratif M Rizal Alumnus Unair Raih Beasiswa LPDP di Cornell University AS

Misalnya saja untuk passing grade CPNS 2021, pemerintah menetapkan untuk formasi umum nilai passing grade tes SKD CPNSnya sebesar 65 untuk TWK, 80 untuk TIU, dan 166 untuk TKP.

6. Teliti dan perhatikan waktu ujian

Telitilah dalam menjawab soal karena akan banyak soal-soal tes yang menjebak. Dengan lebih teliti, kalian pun akan bisa menjawab soal dengan cepat dan tepat.

Pada CPNS 2021 seperti tertuang di PermenpanRB Nomor 27 Tahun 2021, soal TWK terdiri 30 butir soal, sementara TIU 35 butir soal, dan TKP 45 butir soal.

Adapun penghitungan soal yang benar dan salah untuk TWK dan TIU adalah 5 untuk jawaban benar dan 0 untuk jawaban salah. Sehingga poin maksimal TWK yaitu 150 dan poin maksimal TIU yaitu 175.

Sementara itu, soal TKP CPNS 2021 memiliki bobot nilai 1-5, dan 0 bila tidak menjawab. Sehingga nilai maksimal TKP yang bisa didapat yakni 225.

7. Ketahui lokasi tes yang dituju

Setiap peserta di berbagai daerah akan diarahkan ke lokasi ujian yang berbeda-beda. Maka ketahui dimana lokasi ujian juga menjadi penting. Datang ke lokasi tes lebih awal juga menjadi tips lolos CPNS berikutnya. Dengan datang lebih awal, kalian bisa menghindari hal yang tidak diinginkan seperti terjebak macet. Panitia biasanya membuat kebijakan tegas bagi peserta yang telat tidak boleh masuk ruangan ujian.

Demikian tujuh tips lolos CPNS bagi kalian yang ingin mendaftar sebagai aparatur sipil negara di instansi pusat dan daerah. Selamat mencoba.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2087 seconds (0.1#10.140)