Pakar Kuliner UGM Ungkap Indonesia Punya 104 Jenis Nasi Goreng Terlezat

Rabu, 13 Juli 2022 - 20:05 WIB
loading...
Pakar Kuliner UGM Ungkap Indonesia Punya 104 Jenis Nasi Goreng Terlezat
Kuliner nusantara nasi goreng. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Pakar kuliner UGM Dr Dwi Larasatie Nur Fibri mengungkapkan bahwa terdapat 104 jenis nasi goreng yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Salah satu makanan khas Indonesia ini memang mudah untuk ditemukan di setiap kota bahkan tempat.

Dengan banyaknya rempah rempah asal Indonesia tidak mengherankan bila terdapat banyak variasi makanan. Misalnya seperti soto yang setiap daerah juga memiliki soto khasnya masing masing.



Hal ini juga berlaku pada nasi goreng , mungkin kebanyakan orang belum mengetahui bahwa masakan yang cukup sederhana dan mudah dibuat sendiri ternyata memiliki beragam jenis di tiap daerah.

Jenis nasi goreng yang umum diketahui mungkin nasi goreng jawa yang menambahkan kencur didalamnya tanpa menggunakan kecap.

Bila diteliti lebih dalam, nasi goreng yang ada di Indonesia memang banyak jenis dan ragamnya seperti yang diungkapkan pakar kuliner UGM. Namun, pengetahuan masyarakat mayoritas memang belum terlalu mengetahuinya.



Pendapat ini diungkapkan pada saat Dies Natalis ke-58 FTP UGM tahun 2021 lalu. Dr Dwi Larasatie Nur Fibri mengatakan bahwa terdapat 36 jenis nasi goreng yang dapat ditelusuri asal usulnya dan 59 lainnya merupakan nasi goreng pengembang yang tidak dapat ditelusuri daerah asalnya.

Nasi goreng memang memiliki cita rasa yang berbeda di tiap daerah. Terkadang makanan ini juga menjadi solusi untuk mengolah nasi sisa yang masih layak konsumsi.

Wakil Direktur Bidang Pelatihan, Pendidikan, dan Penelitian Indonesian Gastronomy Community, Endang Suraningsih mengatakan, buku Nasi Goreng Indonesia, Cita Rasa Mendunia merupakan buku yang menarik dengan penulis lintas generasi dan lintas profesi. Buku ini direkomendasikan untuk dimiliki para pecinta nasi goreng.

Dalam memajukan kuliner nusantara memang perlu diadakan roadmap kuliner dengan konsep yang jelas, khususnya untuk nasi goreng.

Hal ini karena nasi goreng merupakan makanan yang adaptif dan bisa menyesuaikan di mana tempat kuliner ini dibuat sehingga dapat dikembangkan dengan mudah.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1530 seconds (0.1#10.140)