Pengabdian Masyarakat, LSPR Perkuat UMKM Cisarua dengan Literasi Penggunaan Dompet Digital

Rabu, 27 Juli 2022 - 17:00 WIB
loading...
A A A
Makanya, lanjut dia, pihaknya ingin mengetahui lebih lanjut metode transaksi dan pembayaran dengan dompet digital yang ditawarkan LSPR.

"Terus terang ini juga hal baru yang harus terus kami pelajari, sehingga nantinya kami para pelaku UMKM makin terdidik. Untuk selanjutnya Insya Allah kami bisa makin maju dalam menjalankan usaha kami” papar Muslihat yang juga ikut aktif dalam kegiatan UMKM tersebut.

Setelah pelatihan juga dilanjutkan dengan Focus Group Discussion (FGD) yang melibatkan 6 orang pelaku UMKM khusus kuliner, untuk menggali lebih lanjut berbagai peluang dan hambatan yang dirasakan langsung oleh pihak pelaku usaha.

Anggota Tim Pengabdian Masyarakat LSPR, Dr. Lestari Nurhajati, M.Si, menyakini, UMKM di Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua memiliki potensi yang sangat besar. Terutama karena wilayah Cisarua menjadi salah satu titik pusat pariwisata di Kawasan puncak.

“Tampak potensi yang sangat besar dari UMKM yang ada di sini, UMKM yang bergerak di bidang kuliner, idealnya akan bisa memenuhi kebutuhan kuliner wisatawan juga” papar Dr. Lestari yang juga Wakil Rektor IV LSPR Institut dalam bidang Inovasi dan Bisnis.

Sementara, Dosen LSPR Institut yang ikut memberikan materi dan berdiskusi aktif dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat tersebut Lamria Raya Fitriani, M.Si, dan Xenia Angelica Wijayanto, S.H., MSi, juga memiliki pandangan tersendiri.

Menurutnya, kemampuan pengambilan keputusan secara mandiri dari para pelaku UMKM, pengembangan pemasaran secara online, dan juga masalah perlunya dukungan pemodalan, tidak bisa lepas dari permasalahan yang mereka alami secara nyata.

"Makanya, ibu-ibu pelaku UMKM sangat membutuhkan dukungan, motivasi, dan pendampingan secara kontinyu dari lembaga terkait yang konsen soal pengembangan UMKM. Harapannya, agar usaha-usaha yang mereka kembangkan bisa lebih maju," terangnya.

Peserta secara umum merasa puas dan tercerahkan dengan materi yang diberikan dan berharap kegiatan tersebut makin bermanfaat untuk usaha/bisnisnya ke depan.

“Sering-sering kami diberikan materi dan juga mampir ke tempat usaha kami, supaya kami juga bisa mendapatkan tambahan ilmu pengetahuan dan wawasan yang berguna” ujar Rini Nurhayani, salah satu pelaku usaha UMKM.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1658 seconds (0.1#10.140)