Ini 5 Universitas dengan Jurusan Filsafat Terbaik di Indonesia

Kamis, 04 Agustus 2022 - 17:09 WIB
loading...
Ini 5 Universitas dengan Jurusan Filsafat Terbaik di Indonesia
Sedikitnya ada lima universitas dengan jurusan Filsafat terbaik di Indonesia. Salah satunya UGM. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada lima universitas dengan jurusan Filsafat terbaik di Indonesia. Ilmu filsafat merupakan salah satu ilmu tertua di dunia. Bahkan, tak jarang ada anggapan bahwa filsafat menjadi induk ilmu pengetahuan lainnya.

Di Indonesia sendiri, beberapa perguruan tinggi negeri maupun swasta memiliki program studi seputar ilmu Filsafat. Akan tetapi, jika dibandingkan dengan jurusan lainnya, prodi Filsafat cukup jarang ditemukan, alias hanya kampus tertentu yang menyediakannya.

Baca juga : Lulusan Ilmu Filsafat Bisa Bekerja sebagai Apa?

Berikut lima universitas dengan jurusan filsafat terbaik di Indonesia :

1. Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik di tanah air. Dari berbagai jurusan yang disediakan, salah satu diantaranya adalah Program Studi S1 Ilmu Filsafat.

Dikutip dari situs resminya, jurusan ilmu Filsafat berada di Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Indonesia. Tak hanya program Sarjana, UI juga membuka program Magister Ilmu Filsafat dan Program Doktor Ilmu Filsafat.

Untuk akreditasinya sendiri, Program S1 Ilmu Filsafat memiliki peringkat A dengan SK terakhir tahun 2017. Kemudian, program S2 Ilmu Filsafat juga memiliki Peringkat A dengan SK terakhir tahun 2019. Sedangkan Program S3 Ilmu Filsafat memiliki akreditasi B dengan SK terakhir tahun 2020.

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada berdiri pada 18 Agustus 1967. Pendiriannya didasarkan pada Surat Keputusan Direktur Jenderal Perguruan Tinggi Nomor 90/1967 Tanggal 7 Agustus 1967.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1670 seconds (0.1#10.140)