5 Tokoh Politik Indonesia yang Berstatus Lulusan UGM

Selasa, 09 Agustus 2022 - 18:40 WIB
loading...
5 Tokoh Politik Indonesia yang Berstatus Lulusan UGM
Sedikitnya ada lima tokoh politik Indonesia yang berstatus lulusan UGM. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada lima tokoh politik Indonesia yang berstatus lulusan UGM. Seperti yang diketahui, Universitas Gadjah Mada (UGM) merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Dalam riwayatnya, UGM telah banyak melahirkan alumni yang menjadi sosok penting di negara Indonesia. Lantas, siapa sajakah mereka? Berikut lima tokoh politik Indonesia yang berstatus sebagai lulusan UGM :

Baca juga : Selain Presiden Jokowi, Ini Sederet Pejabat Tinggi Lulusan UGM

1. Mahfud MD

Mohammad Mahfud Mahmodin atau biasa dikenal Mahfud MD merupakan politisi dan akademisi berkebangsaan Indonesia. Saat ini, Mahfud MD menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia di pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Dalam riwayat pendidikannya, pria kelahiran Sampang, 13 Mei 1957 ini adalah alumni Universitas Gadjah Mada (UGM). Pada program Sarjananya, dia mengambil jurusan Sastra Arab, Fakultas Sastra dan Kebudayaan UGM.

Kemudian, pada jenjang S2 Mahfud MD mengambil program pascasarjana Ilmu Politik UGM. Sedangkan gelar Doktor didapatkan saat menyelesaikan studi Ilmu Hukum Tata Negara di UGM.

2. Airlangga Hartarto

Airlangga Hartarto saat ini menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia dibawah pemerintahan Presiden Joko Widodo. Dalam riwayat pendidikannya, Airlangga Hartarto diketahui sebagai lulusan UGM.

Dia merupakan alumni Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada (UGM). Tak hanya itu, Airlangga Hartarto juga pernah menjadi Ketua Keluarga Alumni Fakultas Teknik UGM.

3. Anies Baswedan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga berstatus sebagai alumni Universitas Gadjah Mada (UGM). Pria kelahiran 7 Mei 1969 ini sejatinya berasal dari keluarga akademisi. Ayahnya adalah mantan Dosen di Fakultas Ekonomi UII, sedangkan Ibunya diketahui sebagai Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi UNY.

Mantan Mendikbud ini dulunya pernah berkuliah di Fakultas Ekonomi UGM. Dia masuk sebagai angkatan 1989.

Baca juga : Penerus Jokowi, Ini 3 Kandidat Calon Presiden 2024 Lulusan UGM

4. Pramono Anung

Pramono Anung Wibowo merupakan seorang politikus Indonesia. Dalam riwayatnya, dia memiliki karier yang cukup mentereng. Sebut saja seperti posisi Wakil Ketua DPR RI hingga menjadi Sekretaris Kabinet Indonesia.

Melihat ke belakang, Pramono Anung juga pernah mengenyam pendidikan di Universitas Gadjah Mada (UGM). Dia merupakan lulusan Magister Manajemen UGM.

5. Joko Widodo

Presiden Indonesia Joko Widodo juga berstatus sebagai lulusan UGM. Pada riwayat pendidikannya, dia pernah meniti ilmu di jurusan Kehutanan, Fakultas Kehutanan, Universitas Gadjah Mada.

Jokowi meraih gelar Sarjana Ilmu Kehutanan pada tahun 1985. Dalam penelitiannya, dia membuat skripsi berjudul ‘Studi tentang Pola Konsumsi Kayu Lapis pada Pemakaian Akhir di Kotamadya Surakarta’.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3014 seconds (0.1#10.140)