Jurusan Radiologi, Lulusannya Banyak Dicari di Dunia Medis

Jum'at, 19 Agustus 2022 - 12:12 WIB
loading...
Jurusan Radiologi, Lulusannya Banyak Dicari di Dunia Medis
Radiografer sedang mengoperasikan Mobile Xry. Foto/Dok.SINDOnews/Ali Masduki.
A A A
JAKARTA - Jurusan radiologi bisa menjadi rekomendasi memilih jurusan di perguruan tinggi. Lulusannya pun banyak dicari di dunia medis karena keahlian spesifiknya dibutuhkan pada unit radiologi.

Tenaga medis di sebuah rumah sakit itu tidak hanya ada dokter maupun perawat saja. Namun ada juga petugas kesehatan yang mengoperasikan peralatan rontgen di dalam ruang periksa.

Nah, para petugas kesehatan yang bekerja di Instalasi Radiologi ini dulunya mengambil kuliah di jurusan Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi.

Baca juga: Mahasiswa Unair Ciptakan Ring Jantung Bioreseorbable Atasi Penyakit Akibat Kolesterol

Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi memang lebih sering dikenal sebagai Radiologi, sebuah jurusan yang beda jauh dari konsep jurusan atau fakultas pada umumnya ditingkat perguruan tinggi. Apa bedanya?

Dikutip dari laman Aku Pintar, radiologi merupakan jenjang pendidikan D3 dan D4. Lulusan Diploma 3 bergelar Ahli Madya Radiodiagnostik dan Radioterapi, sedangkan lulusan D4 bergelar Sarjana Sains Terapan (S.ST).

Barangkali karena program vokasi, di mana porsi praktiknya lebih banyak ketimbang teori, maka lulusan Diploma 4 Radiologi sudah bergelar sarjana.

Bila masuk sebagai mahasiswa D3, nantinya mahasiswa bisa alih jenjang ke D4 dan memilih spesifikasi ke CT Scan, USG, MRI, Kedokteran Nuklir, Radioterapi, dan lain-lain.

Tapi jika lebih tertarik pada jenjang S1, kalian bisa melanjutkan ke Fakultas Kesehatan Masyarakat pada Jurusan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Kesehatan Masyarakat, atau Fisika Medis. Pada jurusan-jurusan tersebut, kalian akan mendapat porsi teori yang lebih banyak.

Menjadi Seorang Radiografer
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1430 seconds (0.1#10.140)