Kisah 2 Maba Itera Terjauh dan Termuda, Dari Papua dan Berusia 15 Tahun

Sabtu, 20 Agustus 2022 - 10:44 WIB
loading...
Kisah 2 Maba Itera Terjauh dan Termuda, Dari Papua dan Berusia 15 Tahun
Fardita Ode Josan dan M. Agung Agustianto jadi mahasiswa terjauh dan termuda ITERA. Foto/Tangkap layar laman ITERA.
A A A
JAKARTA - Fardita Ode Josan merupakan mahasiswa baru Institut Teknologi Sumatera ( ITERA ) yang diumumkan sebagai mahasiswa terjauh karena berasal dari Papua Barat. Sedangkan M. Agung Agustianto yang baru berusia 15 tahun menjadi mahasiswa termuda ITERA.

Fardita Ode Josan yang diterima pada Program Studi Farmasi ini namanya diumumkan sebagai mahasiswa asal terjauh dari 4.860 mahasiswa baru yang diterima ITERA pada sidang terbuka penerimaan mahasiswa baru.

Baca juga: Kisah Perjuangan Syifa, Driver Ojek Online yang Kuliah Teknik hingga Jadi Manager IT

Fardita berasal dari Kelurahan Kabare, Kecamatan Waigeo Utara, Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Jarak tempat tinggal asalnya dengan kampus ITERA kurang lebih 2.911 km.

Fardita mengaku bangga menjadi salah satu mahasiswa ITERA. Tidak hanya untuk dirinya sendiri, diterimanya Fardita menjadi mahasiswa ITERA juga menjadi kegembiraan keluarganya. Terlebih dia diterima melalui program beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi (Adik).

“Saya sangat bersyukur dapat melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi untuk meraih mimpi, program beasiswa ini juga meringankan beban kedua orang tua,karena jika tidak beasiswa mungkin saya tidak bisa kuliah,” ujar Fardita.

Fardita mengaku, perjalanan pertama ke Lampung menjadi pengalaman yang sangat berkesan. Selain menjadi perjalanan jauh pertama yang membuatnya harus berpisah dari orang tua, Fardita mengaku senang menemukan lingkungan baru, dan teman-teman baru.

Fardita menilai orang-orang di Lampung sangat ramah dan mau menerimanya. “Kesan pertama aku saat melihat orang Lampung itu asik, baik, dan mau menerima kehadiran aku jadi aku nyaman juga,” ujarnya, dikutip dari laman resmi ITERA, Sabtu (20/8/2022).

Karena selama kuliah harus jauh dari keluarga, Fardita mengaku sering berkomunikasi dengan orang tua melalui sambungan telepon. Kegiatan tersebut menjadi bagian dari pengobat rindunya dengan rumah.

Baca juga: Unpad Pastikan Tak Ada Kekerasan pada Mahasiswa Baru di PMB 2022
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1687 seconds (11.210#12.26)