Kisah 2 Mahasiswa Penerima KIP Kuliah, Raih Prestasi Juga IPK Tinggi

Jum'at, 26 Agustus 2022 - 11:30 WIB
loading...
Kisah 2 Mahasiswa Penerima KIP Kuliah, Raih Prestasi Juga IPK Tinggi
Kisah 2 mahasiswa penerima KIP Kuliah. Foto/Tangkap layar laman Puslapdik.
A A A
JAKARTA - Sudah ada jutaan mahasiswa dari keluarga tidak mampu yang merasakan kebermanfaatan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah. Yuliana dan Muhammad Zaini Saputra menceritakan kisah bagaimana KIP Kuliah membantu mereka bisa kuliah di perguruan tinggi.

Yuliana adalah mahasiswa Program Studi Ilmu Komputer Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Kalimantan Selatan yang saat ini tengah menempuh perkuliahan semester 2.

Yuliana sangat bersyukur dan berterima kasih pada pemerintah atas adanya program KIP Kuliah. Dengan bantuan pendanaan Pendidikan KIP Kuliah, Yuliana merasakan kesempatan untuk menikmati bangku kuliah yang sebelumnya tidak terbayangkan.

Baca juga: Kuliah S1 Gratis di Oxford atau Cambridge dengan Jardine Scholarship, Yuk Daftar

“KIP Kuliah sangat terbantu, karena kondisi ekonomi keluarga saya, yakni ibu yang tidak bisa membiayai kuliah saya sepenuhnya, “kata mahasiswi asal Barito Kuala itu, dikutip dari laman Puslapdik, Jumat (26/8/2022).

Diakui Yuliana, biaya kuliah dirinya sepenuhnya tergantung pada KIP Kuliah. Ia yang datang dari keluarga tidak mampu bisa memenuhi kebutuhan kuliah yang selama ini dijalaninya dengan bantuan pendidikan tersebut.

“Maklum, saat masih SMA tahun 2021 lalu, ayah saya yang hanya buruh tani, meninggal dunia karena korban tabrak lari. Ibu yang awalnya hanya ibu rumah tangga, akhirnya terpaksa jualan es kecil-kecilan di rumah, tentunya tidak bisa mencukupi kebutuhan kuliah saya,” jelasnya.

Menikmati bangku kuliah dengan bantuan KIP Kuliah, Yuliana pun memanfaatkan peluang tersebut untuk meningkatkan kualitas pribadinya, baik sebagai mahasiswa maupun juga sebagai pribadi.

Sejak semester satu, Yuliana aktif di berbagai organisasi yang ada di kampus, seperti Korps Sukarela Palang Merah Remaja (KSRPMI) unit kampus, ikut program Pejuang Muda yang digelar Kementerian Sosial, serta ikut kegiatan keagamaan berupa Latihan Dasar Kepempimpinan Mahasiswa (LDKM) Unit Kerohanian Mahasiswa Muslim (UKMM) Universitas Lambung Mangkurat.

Baca juga: 10 Awardee IISMA 2022 Berangkat Studi ke Penn State University
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1267 seconds (0.1#10.140)