Desakan Jalur Mandiri Dihapus, Ini Tanggapan Rektor UNS

Rabu, 31 Agustus 2022 - 08:32 WIB
loading...
A A A
Terkait penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri di UNS, dia menjelaskan, pihaknya menerapkan beberapa kategori. Yakni jalur mandiri UTBK yang menjaring calon mahasiswa dari nilai UTBK. Lalu ada jalur mandiri ujian tulis yang soal ujiannya disusun oleh tim penyusun soal UNS.

Baca juga: Keren, Mahasiswa ITB Ini Raih 2 Medali Emas pada Ajang Skate Asia 2022

Kemudian ada jalur mandiri prestasi yang menerima calon mahasiswa yang memiliki prestasi internasional dan nasional. Juga ada jalur mandiri kepemimpinan muda seperti ketua osis dan jalur mandiri untuk penyandang disabilitas. "Jadi kami membuka diri untuk memberikan akses pendidikan yang lebih banyak atau lebih luas," ujarnya.

Rektor UNS menekankan, jalur mandiri di UNS hanya memakai basis nilai. Sehingga mereka yang dinyatakan lolos itu harus bisa memenuhi batas nilai minimum (passing grade) yang ditetapkan terlebih dulu. Kalaupun ada Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) di jalur mandiri, ucapnya, itu bukan sebagai penentu kelulusan calon mahasiswa.

Sebelumnya, KPK menangkap Rektor Unila dan sejumlah orang terkait kasus dugaan suap pada penerimaan mahasiswa baru di kampus tersebut di Bandung, Jawa Barat beberapa waktu lalu.

Sejumlah pihak pun bereaksi atas aksi yang mencoreng dunia pendidikan ini. Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dede Yusuf mengatakan, jalur mandiri kerap tidak transparan sehingga bisa menjadi celah penyimpangan. Oleh karena itu dia meminta jalur mandiri dihapus saja dan diganti dengan tes seleksi resmi.
(nnz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2063 seconds (0.1#10.140)