Gandeng 900 Pelaku Budaya, Kemendikbudristek Gelar Festival Indonesia Bertutur

Kamis, 01 September 2022 - 15:41 WIB
loading...
Gandeng 900 Pelaku Budaya, Kemendikbudristek Gelar Festival Indonesia Bertutur
Kemendikbudristek akan menggelar Festival Indonesia Bertutur 2022. Festival tersebut melibatkan 900 pelaku budaya dan lebih dari 100 karya. Foto/Dok/Kemendikbud
A A A
JAKARTA - Guna menjaga cagar budaya sebagai sumber ilmu pengetahuan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) akan menggelar Festival Indonesia Bertutur 2022. Festival tersebut melibatkan 900 pelaku budaya dan lebih dari 100 karya.

Direktur Jenderal Kebudayaan, Kemendikbudristek , Hilmar Farid mengatakan, kegiatan tersebut sebagai kegiatan dua tahunan agar dapat memfasilitasi para pelaku budaya sekaligus memperluas akses publik atas warisan budaya yang dimiliki Indonesia.

Baca juga: 10 Universitas dari Luar Pulau Jawa Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2022

“Dengan perkembangan teknologi, terutama di bidang media, kami ingin mendorong pemanfaatan teknologi agar publik memiliki akses yang semakin besar terhadap warisan budaya yang kita miliki dan dapat memanfaatkan warisan budaya tersebut sebagai sumber ilmu pengetahuan,” ujar Hilmar dalam keterangannya, Kamis (1/9/2022).

Menurut Hilmar, Festival itu akan semakin istimewa karena bertepatan dengan presidensi Indonesia di G20, sehingga kegiatan ini menjadi mata acara kegiatan G20 bidang kebudayaan. Mengusung tema “Mengalami Masa Lalu, Menumbuhkan Masa Depan” Festival Indonesia Bertutur 2022 akan menampilkan 20 cagar budaya sebagai materi yang dipilih para pelaku budaya dalam karya mereka.

Cagar budaya tersebut adalah Sangiran, Liang Bua, Leang-Leang, Gugus Misool (Raja Ampat), Sangkulirang, Lore Lindu, Kutai, Tarumanegara, Kompleks Candi Dieng, Candi Borobudur, Candi Mendut, Candi Pawon, Candi Prambanan, Candi Gunung Kawi, Muara Takus, Muaro Jambi, Candi Jago, Candi Singosari, Trowulan, dan Candi Bahal.

Baca juga: Inilah 8 Sekolah Kedinasan Terbaik di Jakarta dan Sekitarnya

“Indonesia Bertutur 2022 bertujuan untuk menawarkan keterbukaan cara berpikir dan bertindak, sekaligus mengutamakan pencapaian tujuan penciptaan karya seni yang ditujukan untuk kemaslahatan kehidupan masyarakat,” kata Direktur Artistik Indonesia Bertutur 2022, Melati Suryodarmo.

Nantinya Festival Bertutur 2022 akan dihelat di Kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, pada 7—11 September 2022 mendatang, melibatkan sekitar 900 pelaku budaya dan menampilkan lebih dari 100 karya.
(mpw)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1410 seconds (11.97#12.26)