Siswa, Siapkan Diri Ikut ANBK dengan 4 Strategi Ini

Sabtu, 03 September 2022 - 11:35 WIB
loading...
Siswa, Siapkan Diri Ikut ANBK dengan 4 Strategi Ini
4 strategi yang bisa siswa lakukan untuk ikut ANBK. Foto/Zenius.
A A A
JAKARTA - Sejak beberapa tahun terakhir, Ujian Nasional sebagai penentu kelulusan sekolah telah diganti menjadi Asesmen Nasional Berbasis Komputer ( ANBK ). Pada dasarnya, ANBK mengukur tiga instrumen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Asesmen Nasional adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses, dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

Secara garis besar, ANBK merupakan sebuah evaluasi untuk memantau perkembangan mutu pendidikan dari satu pendidikan tingkat dasar hingga atas. Lebih lanjut, ANBK mengukur tiga instrumen yaitu:

Baca juga: Kemendikbudristek Beri Santunan kepada Keluarga Siswa Korban Kecelakaan Bekasi

1. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)

Instrumen pertama dalam ANBK adalah Asesmen Kompetensi Minimum yang ditujukan untuk mengukur literasi membaca dan literasi matematika murid. Literasi membaca diartikan sebagai kemampuan murid untuk memahami dan menguasai berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah. Sementara literasi matematika adalah kemampuan berpikir murid dengan menggunakan perhitungan dalam menyelesaikan suatu soal masalah.

2. Survei Karakter

Dalam instrumen ini, murid akan diukur melalui enam karakter profil pelajar pancasila, yaitu:
• Berakhlak mulia
• Berkebinekaan global
• Bergotong royong
• Mandiri
• Bernalar kritis
• Kreatif

3. Survei Lingkungan Belajar

Sementara instrumen terakhir adalah Survei Lingkungan Belajar, yang dikerjakan oleh seluruh instrumen sekolah seperti murid, guru, dan kepala sekolah.

Lantas, apa saja yang perlu kamu persiapkan dalam menghadapi ANBK yang akan digelar pada awal September mendatang? Berikut 4 hal yang dapat kamu lakukan, menurut platform edukasi berbasis teknologi, Zenius.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2644 seconds (11.210#12.26)