Universitas Pertamina Tembus Top 60 Webometrics Perguruan Tinggi Swasta

Senin, 05 September 2022 - 10:02 WIB
loading...
Universitas Pertamina Tembus Top 60 Webometrics Perguruan Tinggi Swasta
Universitas Pertamina (UPER). Foto/Dok/Humas UP
A A A
JAKARTA - Universitas Pertamina (UPER) berhasil menembus daftar 60 besar perguruan tinggi swasta (PTS) terbaik di Indonesia versi Webometrics 2022.

Webometrics merupakan sistem pemeringkatan perguruan tinggi di dunia yang menilai kampus berdasarkan jumlah sitasi penelitian ilmiah, jumlah publikasi riset dan dampak dari publikasi web.

Baca juga: 10 Universitas di Indonesia yang Masuk 2.000 Besar Kampus Terbaik Dunia Versi Webometrics 2022

Universitas Pertamina menduduki posisi 56 berdasarkan Webometrics Agustus 2022, dari sekitar 2.990 PTS di Indonesia. Meningkat dari posisi sebelumnya di ranking 93 PTS.

Rektor Universitas Pertamina, Prof. Ir. IGN Wiratmaja Puja, Ph.D., mengungkapkan, hal tersebut didorong oleh sejumlah pemutakhiran dan perbaikan internal.

"Kami gencar melakukan perbaikan sarana dan prasarana perkuliahan serta penunjangnya. Di antaranya perbaikan dan penambahan peralatan laboratorium, digitalisasi perkuliahan, dan peremajaan gedung perkuliahan. Universitas juga menggeber pendirian 11 pusat kajian atau Center of Excellence bersama industri dan pemerintah," kata Prof Wirat dalam keterangan pers, Senin (5/9/2022).

Baca juga: 10 Universitas dari Luar Pulau Jawa Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2022

Dalam hal digitalisasi, Universitas Pertamina telah mengintegrasikan sejumlah program kerja, sistem, dan layanan secara digital. Upaya digitalisasi ini, membawa UPER menduduki posisi Top 5 kampus unggulan dalam hal kecerdasan kampus dan kesiapan transformasi digital versi Asosiasi Prakarsa Indonesia Cerdas atau APIC. Sehingga reputasi UPER terus meningkat setiap tahun.

Lembaga riset dan konsultan, Eduventures, mengungkapkan reputasi menduduki posisi ketiga sebagai salah satu pertimbangan siswa dalam memilih perguruan tinggi. Temuan ini sejalan dengan data dari konsultan edukasi global, Hobsons, yang menyebutkan bahwa sebanyak 44 persen mahasiswa dari 65 universitas di seluruh dunia, mengaku lebih memilih perguruan tinggi yang masuk dalam pemeringkatan nasional maupun global.

“Adapun dalam hal produktivitas mahasiswa, UPER berhasil naik ke peringkat 35 dalam Pemeringkatan Kemahasiswaan Nasional Tahun 2021 versi Kemendikbudristek. Manajemen institusi, prestasi mahasiswa di bidang kokurikuler dan ekstrakurikuler, serta pelaksanaan program MBKM, menjadi aspek penilaian utama dalam pemeringkatan ini,” jelas Prof Wirat.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2170 seconds (10.177#12.26)