Fahmi, Mahasiswa Universitas Teuku Umar Ini Tak Sangka Bisa Merasakan Kuliah di IPB University

Rabu, 07 September 2022 - 09:25 WIB
loading...
Fahmi, Mahasiswa Universitas Teuku Umar Ini Tak Sangka Bisa Merasakan Kuliah di IPB University
Fahmi Azi Sitorus, mahasiswa Universitas Teuku Umar (UTU) Aceh Barat berkesempatan berkuliah di IPB University. Foto/Dok/IPB
A A A
JAKARTA - Fahmi Azi Sitorus, mahasiswa Universitas Teuku Umar (UTU) Aceh Barat berkesempatan berkuliah di IPB University. Melalui program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM), kini ia bisa merasakan pengalaman belajar di kampus IPB University.

IPB University merupakan salah satu kampus terbaik di Indonesia. Dari tahun ke tahun, berbagai prestasi baik akademik maupun non akademik diraih kampus ini. Saya menyaksikan pada 2021, IPB University meraih Juara Umum 2 pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas),” ujar Fahmi, sapaan akrabnya.

Baca juga: Inovasi Keren, Bantal Anti Bakteri-Tungau Kreasi Mahasiswa UGM

Hal itulah yang jadi salah satu alasannya memilih IPB University sebagai kampus tujuan PMM. Selain itu ia mengakui, bahwa IPB University merupakan kampus impiannya sejak menempuh pendidikan di SMA. Ia pernah mencoba melalui jalur SNMPTN 2022, namun tak berhasil.

“Lewat jalur PMM inilah saya dapat merasakan bagaimana rasanya belajar di IPB University, dengan kualitas yang sudah diakui oleh para mahasiswa yang ada di Indonesia. Terima kasih Pak Nadiem (Mendikbudristek), atas program ini saya bisa berkuliah di kampus impian saya,” ungkap mahasiswa kelahiran Kota Medan, Sumatera Utara ini.

PMM sendiri merupakan bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang dimulai sejak tahun 2021.

Baca juga: Ciptakan Obat Pencernaan Herbal, Mahasiswa FIK UI Runner Up Ajang NUS FoodTech Challenge 2022

Keikutsertaan dirinya dalam PMM membuatnya bisa mengenal suku, ras, budaya dan kebiasaan mahasiswa lain dari berbagai daerah. Hal itu, kata dia, menunjukkan betapa kayanya dan beragamnya negeri ini. Indonesia begitu istimewa, setiap daerah memiliki keunikannya masing-masing.

“Ini merupakan sebuah program yang sangat berpengaruh bagi saya. Program PMM menjadi suatu wadah di mana mahasiswa dapat meningkatkan hardskill dan softskill. Dari program ini pula, kami dapat menjumpai mahasiswa lainnya dari Sabang sampai Merauke,” ujar mahasiswa semester 5 Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) UTU ini.

Meski singkat, hanya satu semester, ia berharap dapat menggali ilmu pengetahuan dan metode pembelajaran selama di IPB University. Selain menambah wawasan, kesempatan di IPB University ia manfaatkan untuk mencari relasi sebanyak mungkin. PMM melatihnya untuk selalu dapat beradaptasi dengan orang-orang yang belum pernah ditemui sebelumnya.

“Tentu sangat bersyukur bisa diterima di kampus ini, berjumpa dengan orang-orang pilihan. Saya tidak akan menyia-nyiakan kesempatan emas dalam hidup saya. Dengan terus memaksimalkan waktu, potensi, sumber daya dan peluang untuk terus meningkatkan pengetahuan saya selama saya menimbah ilmu di IPB University,” harapnya.
(mpw)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3627 seconds (11.252#12.26)