Mau Lolos Beasiswa GenBI Bank Indonesia? Simak Kunci Suksesnya

Rabu, 07 September 2022 - 10:37 WIB
loading...
Mau Lolos Beasiswa GenBI Bank Indonesia? Simak Kunci Suksesnya
Mahasiswa Unair beri tips untuk lolos beasiswa GenBI Bank Indonesia. Foto/Getty Images.
A A A
JAKARTA - Beasiswa Generasi Baru Indonesia (GenBI) merupakan program beasiswa dari Bank Indonesia (BI) untuk mahasiswa S1, D4, dan D3 di berbagai perguruan tinggi negeri (PTN) dan swasta (PTS) terpilih. Dilirik banyak mahasiswa tingkat persaingannya pun sangat ketat.

Melalui beasiswa ini, Bank Indonesia memberikan bantuan berupa tunjangan biaya kuliah, pelatihan kepemimpinan, serta program menarik lainnya.

Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Airlangga (BEM Unair) menggelar roadshow beasiswa bertajuk SEMPOA 2022 yang membahas kunci lolos Beasiswa GenBI.

Baca juga: Puluhan Mahasiswa Peraih Beasiswa IISMA Dapat Pembekalan Sebelum Berangkat ke Ceko

Dalam roadshow itu hadir penerima beasiswa GenBi tahun 2022 Dian Enggar Lintang Pertiwi. Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unair itu memberikan tips dan trik mendapat beasiswa GenBi serta benefit yang diterima setelah mendapatkan beasiswa tersebut.

Menurut Enggar, kunci lolos beasiswa GenBi adalah melakukan persiapan jauh-jauh hari. Pasalnya, persyaratan yang harus disiapkan sangat banyak. Selain itu, biasanya waktu yang diberikan untuk melakukan pendaftaran tidaklah lama. Menurutnya, persyaratan yang bisa disiapkan mulai sekarang seperti CV, motivation letter, serta career path.

“Teman-teman harus menyiapkan berkasnya jauh-jauh hari. Karena biasanya pendaftaran beasiswa GenBi sangatlah mendadak,” ucap Enggar, dikutip dari laman Unair, Rabu (7/9/2022).

Baca juga: 20 Peserta Terpilih Calon Penerima Beasiswa Kuliah Al-Azhar Mesir, Ini Daftarnya

Selain itu, Enggar juga menambahkan benefit yang didapatkan sebagai penerima beasiswa GenBi. Seperti mendapat banyak relasi dan networking yang luas, dapat mengikuti acara-acara Bank Indonesia, mendapatkan pendanaan, serta mendapatkan berbagai pelatihan.

“Dari beasiswa GenBi, aku dapat sharing bersama teman-teman yang isinya ‘daging’ semua, networking dan relasi yang mahal dari Bank Indonesia, jadi delegasi, serta menjadi agen Bank Indonesia untuk mengenalkan produk Bank Indonesia seperti QRIS,” ucap Enggar.

Enggar juga menuturkan bahwa GenBi merupakan program beasiswa impiannya. Menurutnya, beasiswa tersebut selaras dengan jurusannya saat ini yaitu ekonomi. Enggar juga ingin mengambil skripsi mengenai moneter yang bisa dipelajari dari mengikuti program beasiswa dari Bank Indonesia. “Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui,” ucapnya.

Enggar juga berpesan kepada calon pendaftar untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin. Sebab, GenBi merupakan salah satu beasiswa dengan pendaftar terbanyak.
(nnz)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1413 seconds (11.252#12.26)