5 Pesantren Modern Terbaik di Indonesia, Ini Daftarnya

Rabu, 07 September 2022 - 22:13 WIB
loading...
A A A
Pesantren ini didirikan oleh tiga bersaudara yang merupakan putra dari Kiai Santoso Anom Besari.

Ketiga bersaudara itu adalah KH Ahmad Sahar, yang kemudian dikenal sebagai Trimurti, KH Zainuddin Fanani, dan KH Imam Imam Zarkasi.

2. Pondok Pesantren Daar El-Qolam

Pesantren Daar El-Qolam didirikan pada 20 Januari 1968 oleh K.H. Ahmad Rifai Arif. Selain diajarkan ilmu agama, siswa juga dibekali dengan pengetahuan umum atau formal di pesantren ini.

Pada tahun 2009 terdapat 4.298 siswa. Sejak tahun 1980-an, Daar El-Qolam semakin dipercaya masyarakat di seluruh provinsi di Indonesia. Mengadopsi sistem pendidikan modern, disiplin hidup dan ibadah menjadi alasan mengapa orang tua mendidik anak-anaknya di Dar El Kolam.

3. Pondok Pesantren Darunnajah

Pendahulu Pondok Pesantren Darnaja adalah pendiri Yayasan Kesejahteraan Masyarakat Islam (YKMI). Terletak di wilayah Jakarta, pondok pesantren ini merupakan salah satu pondok pesantren terpopuler.

Pesantren Darnaja dikembangkan pada tahun 1942 oleh Abdul Manah Mukhayar. Sebagai pondok pesantren modern, santri-santri Pondok Pesantren Dharanaja berwawasan luas, baik hati dan tidak mengesampingkan unsur keislaman. Pesantren Darnaja sudah memiliki 14 cabang di Indonesia.

4. Pondok Pesantren Tebuireng

Pondok pesantren Tebuireng ini didirikan pada tahun 1926 oleh Menteri Agama pertama di Indonesia yaitu KH Wahid Hasyim.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1077 seconds (0.1#10.140)