Sejarah Berdirinya Fakultas Teknik UGM dan Hubungannya dengan Bandung Lautan Api

Minggu, 18 September 2022 - 22:46 WIB
loading...
A A A
Pada tahun yang sama, Yogyakarta juga membentuk Universitas atau Balai Perguruan Tinggi (BPT) Swasta Gadjah Mada. Sayangnya, saat itu STT Bandoeng tidak ikut menjadi bagian dari Perguruan Tinggi Swasta tersebut karena STT Bandoeng yang berada di Yogyakarta merupakan perguruan tinggi negeri pertama yang berada di Yogyakarta.

Tetapi tidak lama STT Bandoeng di Yogyakarta segera diubah menjadi Sekolah Tinggi Teknik Yogyakarta dengan dipindahkannya perkuliahan dari Kotabaru ke Kampus Jetis di Yogyakarta. Namun, dalam perjuangan mempertahankan negara pada tahun 1948 hingga 1949, STT Yogyakarta maupun BPT Swasta Gadjah Mada harus tutup karena ikut bergerilya bersama TNI dan rakyat.

Pada 19 Desember 1949, setelah kedaulatan Indonesia kembali ke tangan Republik Indonesia, STT Yogyakarta kembali bergabung dengan Sekolah Tinggi Kedokteran dan Balai Perguruan Tinggi Gadjah Mada (swasta) menjadi Universiteit Negeri Gadjah Mada.

Saat itulah STT Yogyakarta resmi dinamakan sebagai Fakulteit Teknik Universiteit Gadjah Mada dengan bagian-bagiannya yang sama saat di Bandung. Tidak hanya itu, tepat ditanggal yang sama dinyatakan juga bahwa telah lahirnya Universitas Gadjah Mada.

Tetapi sayangnya setelah Fakultas Teknik UGM baru didirikan, pada 1950 fakultas teknik ini terpaksa harus ditutup karena kekurangan pengajar dan mahasiswa.

Kemudian pada tahun 1957 hingga 1966 Fakultas Teknik UGM kembali memperoleh bantuan dari University of California Los Angeles untuk perkembangannya meliputi para pengajar, buku, peralatan dan sebagainya hingga pada tahun berikutnya Fakultas Teknik UGM juga mengembangkan program studi baru yang merupakan bagian dari Fakultas Teknik UGM ini.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1841 seconds (0.1#10.140)