UIII Mulai Membuka Kuliah S3, Mahasiswanya Diberi Beasiswa Penuh 

Selasa, 27 September 2022 - 09:16 WIB
loading...
UIII Mulai Membuka Kuliah S3, Mahasiswanya Diberi Beasiswa Penuh 
Pembukaan Kuliah S2 dan S3 UIII Tahun Akademik 2022. Foto/UIII.
A A A
JAKARTA - Universitas Islam Internasional Indonesia ( UIII ) memulai perkuliahan S2 (tingkat Magister) dan S3 (tingkat Doktoral) di kampus negeri bertaraf internasional tersebut. Perkuliahan ini secara resmi dibuka Rektor UIII Prof. Dr. Komaruddin Hidayat.

Acara yang bernama “Academic Convocation” ini digelar di Procession Hall, Gedung Rektorat kampus UIII, Senin (26/9/2022) yang menandai hari pertama tahun akademik 2022-2023 dan sekaligus tahun pertama pembukaan program S3 di UIII. Tahun lalu, UIII secara resmi membuka perkuliahan dengan membuka program S2.

Rektor UIII Prof. Dr. Komaruddin Hidayat mengatakan, mayoritas mahasiswa baru UIII dipenuhi oleh mahasiswa program S2 (sebanyak 104 orang), dan selebihnya merupakan mahasiswa S3 (sebanyak 44 orang). Semua mahasiswa ini mendapatkan beasiswa penuh (full scholarship).

Baca juga: Tak Anggap Kuliah sebagai Beban, Alvin Jadi Wisudawan Terbaik ITS dengan IPK 3,96

Terkait dengan pendirian UIII, Komaruddin menjelaskan, Indonesia adalah bangsa Muslim terbesar di Asia Tenggara, dan bangsa Muslim penganut demokrasi terbesar di dunia. Hal ini menjadi modal bagi bangsa Indonesia untuk memberi kontribusi nyata kepada dunia.

“UIII merupakan perguruan tinggi negeri pertama yang sedari awal didesain menjadi kampus bertaraf internasional,” jelasnya, melalui siaran pers, dikutip Selasa (27/9/2022).

Sejak berdirinya UIII beberapa tahun lalu hingga sekarang, UIII terus berupaya membangun kerja sama dan memperluas jaringan dan sinergi dengan para pemangku kepentingan, terutama dengan berbagai pihak di dalam dan luar negeri, baik instansi pemerintah maupun swasta.

“Mungkin tidak banyak lembaga pendidikan lain di Indonesia yang bisa dijadikan contoh untuk membangun proyek sentral seperti ini. UIII ini adalah proyek perintis. Tetapi karena ini bukan proyek instan, mungkin perlu waktu untuk membuatnya menjadi mapan dan berkembang. Juga, dibutuhkan cukup banyak waktu untuk menilai keberhasilan atau kegagalannya di masa depan,” ujarnya.

Kampus UIII tidak hanya dipenuhi mahasiswa dari Indonesia, tetapi juga mahasiswa internasional dari berbagai negara. Tahun 2021 lalu, UIII telah menerima sekitar 100 mahasiswa untuk empat fakultas melalui program beasiswa “full-scholarship.”

Dari jumlah tersebut, mayoritas mahasiswa berasal dari Indonesia dan sebagian lainnya berasal dari berbagai negara. Mahasiswa UIII tahun itu terdiri dari 58 persen laki-laki dan 42 persen perempuan dengan rincian 66 persen warga negara Indonesia dan 34 persen warga negara asing.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2302 seconds (11.252#12.26)