Mahasiswa Tel-U Ciptakan Touchless Smart Toilet, Mampu Deteksi Kesehatan Sejak Dini

Rabu, 28 September 2022 - 23:16 WIB
loading...
Mahasiswa Tel-U Ciptakan Touchless Smart Toilet, Mampu Deteksi Kesehatan Sejak Dini
Mahasiswa Tel-U membuat inovasi Touchless Smart Toilet yang dapat memberikan sistem deteksi dini dan dapat memberikan informasi kesehatan pengguna. Foto/Dok/Tel-U
A A A
JAKARTA - Mahasiswa Telkom University ( Tel-U ) membuat inovasi Touchless Smart Toilet atau toilet cerdas yang dapat memberikan sistem deteksi dini dan dapat memberikan informasi kesehatan pengguna.

Hal tersebut berdasarkan hasil deteksi feces dan urin yang dilengkapi dengan tips-tips agar pengguna segera melakukan penanganan untuk mencegah maupun mengurangi dampak penyakit di kemudian hari.



Touchless Smart Toilet dibuat oleh mahasiswa angkatan 2019 Fakultas Teknik Elektro (FTE) yaitu Luthfi Noor S.Z. sebagai Android Developer; Rafli A.P. sebagai Hardware Engineer; Putri Nurani sebagai Cloud Developer; dan Shafira Amkha Z sebagai Machine Learning Engineer. Keempat mahasiswa tersebut, selama melakukan penelitian dibimbing oleh Dosen FTE, Edward S.T., M.T.

Touchless Smart Toilet ini dikembangkan melalui Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Karsa Cipta (PKM-KC) Telkom University dan memperoleh sumber dana dari Kemendikbudristek. Rafli sebagai Hardware Engineer menjelaskan, toilet ini bertujuan untuk mempermudah pengguna melakukan monitoring kesehatannya secara kontinyu atau setiap hari.

“Pengguna dapat memonitoring kesehatannya dari rumah dengan handphone. Pengguna tidak perlu membawa handphone ke toilet untuk mengoperasikannya. Namun, informasi mengenai kondisi feses dan urin tetap akan diberikan oleh smart toilet ini selama toilet dan aplikasi pada hanphone pengguna terhubung dengan jaringan internet,” terang Rafli dalam keterangan pers, Rabu (28/9/2022).



Touchless Smart Toilet merupakan toilet pintar berbasis Internet of Things (IoT) yang dapat mendeteksi dan memprediksi kesehatan pengguna berdasarkan kondisi feces dan urine melalui pengenalan bentuk dan warna feces, serta warna urine menggunakan teknologi computer vision (CV) dan deep learning (DL) yang terintegrasi dengan aplikasi.

Fitur lain yang ada pada Touchless Smart Toilet ini adalah fitur kendali dengan gesture dan tanpa sentuhan (touchless) untuk mengurangi penyebaran kuman atau virus dari tangan pengguna. Fitur ini juga dapat memudahkan pengguna untuk mengoperasikan toilet ini.

Implementasi IoT pada toilet ini memungkinkan pengguna menerima data hasil deteksi langsung ke smartphone, sehingga rekam jejak kesehatan secara rutin tersimpan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1841 seconds (0.1#10.140)