Perkuat Penelitian, MAN 1 Kota Malang Mulai Banjir Prestasi di Kompetisi Riset

Senin, 03 Oktober 2022 - 16:41 WIB
loading...
Perkuat Penelitian, MAN 1 Kota Malang Mulai Banjir Prestasi di Kompetisi Riset
Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Malang Binti Maqsudah saat ditemui di kantornya, Kota Malang, Jumat (30/9/2022). Foto/Dok/Pendis Kemenag
A A A
KOTA MALANG - Madrasah Aliyah Negeri ( MAN ) 1 Kota Malang dalam 2 tahun terakhir mulai menunjukkan prestasi yang membanggakan dalam bidang riset. Hal itu dibuktikan dengan konsisten mendapatkan medali disetiap kompetisi.

Pada Mei 2022, madrasah ini meraih Best Innovation (Gold Medal) pada Akademi Madrasah Digital tingkat nasional yang tahapannya digelar sejak 2021.



MAN 1 Kota Malang dalam kompetisi itu mempresentasikan penelitian dengan tema “In-Fast (Indoor Farming Sistem) atau Sistem Bertani Otomatis dalam Rungan Berbasis IoT sebagai Sarana Penelitian di Bidang Pertanian dalam Menghadapi Era Teknologi 4.0.” Siswa MAN 1 Kota Malang melakukan penelitian ini di bawah pembinaan Dyah Istami Suharti.

Sebelumnya, MAN 1 Kota Malang juga meraih medali emas pada National Applied Science Project Olympiad (NASPO) tahun 2021. Tim MAN 1 Kota Malang terdiri atas Naufal Ahmad Hakim, Muhammad Hilmi, Nadien Amalia Iffadhah, Aurelia Khairunnisa A, dan Aazarine Berti Eksanda.

Mereka melakukan riset bertajuk “A-EASY (Artificial Ecosystem) Inovasi Teknologi Sektor Pertanian dan Perikanan menuju Era Society 5.0 sebagai Optimalisasi Produktivitas Kewirausahaan”.



A-EASY adalah sebuah ekosistem buatan berbentuk produk elektronik yang dapat dijualbelikan di pasaran. Alat tersebut ibarat kulkas yang digunakan untuk menyimpan makanan. A-EASY berbentuk seperti kulkas, namun berfungsi untuk memproduksi pangan, seperti pertanian padi dan budidaya ikan.

“Setiap madrasah memiliki keunggulannya masing-masing. Kami di MAN 1 Kota Malang saat ini tengah membangun, step by step, untuk bisa terus mengukir prestasi. Alhamdulillah, kami beberapa kali mendapat penghargaan di bidang riset,” terang Kepala MAN 1 Kota Malang Binti Maqsudah saat ditemui di kantornya, Kota Malang, Jumat (30/9/2022).

Hari itu cukup istimewa karena merupakan hari terakhir bagi Binti Maqsudah menjalani kariernya sebagai Pegawai Negeri Sipil. Terhitung mulai 1 Oktober 2022, sosok yang telah banyak memajukan madrasah ini memasuki masa purnabhakti.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1359 seconds (0.1#10.140)