Manfaat Mindfulness untuk Pengembangan Karakter dan Konsentrasi Siswa

Jum'at, 07 Oktober 2022 - 11:11 WIB
loading...
Manfaat Mindfulness untuk Pengembangan Karakter dan Konsentrasi Siswa
Salah satu kegiatan siswa di Day of Mindfulness di Global Sevilla Pulomas. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Merayakan hari ulang tahun ke-20, Global Sevilla School melakukan kegiatan mindfulness melalui Day of Mindfulness. Melalui mindfulness, dikembangkan karakter siswa dan juga untuk meningkatkan konsentrasi belajar.

Kepala Sekolah Global Sevilla Pulomas Purborini Sulistiyo mengatakan, prinsip mindfulness adalah hidup berkesadaran. Dalam semua hal yang dikerjakan, katanya, dilakukan dengan sepenuh hati yang diseimbangkan dengan badan dan pikiran yang fokus.

Baca juga: 3 Latihan Dasar untuk Meningkatkan IQ Anak, Orang Tua Wajib Mencobanya

"Seluruh konsentrasi kita, pemikiran kita, dan hati juga ada di sini. Murid yang belajar di sini juga hadir penuh. Tidak memikirkan yang lain melainkan hadir utuh di sekolah dan mengikuti aktivitas di sekolah," katanya di Jakarta, Kamis (6/10/2022).

Dia menjelaskan, berdasarkan penelitian gelombang otak orang yang melakukan mindfulness itu lebih rileks. Hal ini akan berdampak lebih tenang dalam melakukan tugas dan juga tidak stres. Dengan adanya mindfulness inilah maka siswa pun tidak stres dan bisa konsentrasi tinggi ketika ujian.

"Misalnya ketika anak-anak mau ujian, sebenernya mereka sudah belajar tapi tiba-tiba pas ujian lupa karena stres," ungkapnya.

Salah satu siswa kelas IV Global Sevilla School Jason menceritakan, mindfulness sudah menjadi bagian dari kegiatannya di sekolah yang bahkan terbawa hingga ke rumah. Setiap pagi, kata Jason, siswa di Global Sevilla School selalu memulai belajar dengan melakukan silent moment yang menjadi bagian dari mindfulness.

"Pertama ada silent moment, kemudian mindfulness practise yang dilakukan sambil gerak-gerak, mindfulness reading, Kebiasaan ini membuat saya rileks belajar dan tidak takut menghadapi exam (ujian)," terang Jason.

Orang tua siswa Nevrita menjelaskan, manfaat mindfulness terhadap anaknya itu memang berpengaruh pada lebih fokus saat belajar, tidak hanya di sekolah namun juga di rumah. Selain itu juga manfaat mindfulness juga membuat anaknya lebih tenang dan tidak stres dalam belajar dan ujian.

Baca juga: Singkirkan 518 Peserta, Siswi MTsN 1 Pati Juara Kompetisi Sains Jenius

Diketahui, secara serempak 1000-an siswa melakukan kegiatan mindfulness, dari tingkat TK sampai dengan SMA di Global Sevilla School Puri Indah dan Pulo Mas – Jakarta, Kamis (6/10/2022).
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1715 seconds (10.101#12.26)