Mengenal 7 Angkatan Sastra Indonesia dan Tokoh Terkenalnya

Jum'at, 14 Oktober 2022 - 15:37 WIB
loading...
Mengenal 7 Angkatan Sastra Indonesia dan Tokoh Terkenalnya
Pramoedya Ananta Toer merupakan salah satu tokoh sastra terkenal di Angkatan 45. Foto/Wikipedia.
A A A
JAKARTA - Sejarah seni sastra di Indonesia telah melewati periode yang begitu panjang. Sastra di Indonesia pun terbagi atas beberapa angkatan dengan beragam aturan dan gaya penulisannya.

Bangsa Indonesia memiliki beragam jenis karya sastra yang mengalami perkembangan dari masa ke masa. Karya sastra dari berbagai tokoh pun berhasil memotret kehidupan masyarakat pada setiap masa.

Melalui kehadiran angkatan sastra, karya sastra di Tanah Air berkembang dengan beragam tokoh-tokoh dibalik karyanya dan juga memiliki ciri khas masing-masing penulis yang bisa dinikmati pecinta sastra hingga saat ini.

Dikutip dari laman Direktorat SMP Kemendikbudristek, berikut ini tujuh angkatan sastra Indonesia berikut juga tokoh-tokoh terkenalnya.

Baca juga: Beri Manfaat Khusus untuk Kampus, 26 Praktisi akan Mengajar di Unpad

1. Angkatan Pujangga Lama

Angkatan Pujangga Lama merupakan angkatan sastra yang berkembang sebelum 1920. Karya dari angkatan Pujangga Lama biasanya berisi nasihat, ditulis dalam bahasa Melayu, atau bahasa lain dari bangsa yang datang dan memberi pengaruh di Nusantara, seperti Arab, Tamil atau Sansekerta. Karya terkenal dari angkatan ini diantaranya: “Bustan Al Salatin”, “Gurindam Dua Belas” dan “Syair Perahu”.

2. Angkatan Balai Pustaka

Angkatan Balai Pustaka adalah angkatan yang berkembang di periode 1920-an. Balai Pustaka sendiri awalnya adalah kantor penyedia bacaan rakyat yang dibentuk Belanda. Karya yang dihasilkan dari angkatan Balai Pustaka biasanya berisi tentang situasi sosial yang ada di masyarakat, seperti perjodohan. Karya terkenal dari angkatan ini di antaranya: “Siti Nurbaya” dan “Azab dan Sengsara”

3. Angkatan Pujangga Baru
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1553 seconds (10.101#12.26)