5 Jurusan Kuliah IPA yang Dapat Menjamin Masa Depan untuk Perempuan

Jum'at, 14 Oktober 2022 - 17:23 WIB
loading...
5 Jurusan Kuliah IPA yang Dapat Menjamin Masa Depan untuk Perempuan
Sejumlah jurusan kuliah IPA ini diyakini dapat menjamin masa depan untuk perempuan. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Sejumlah jurusan kuliah IPA ini diyakini dapat menjamin masa depan untuk perempuan . Bukan tanpa alasan, hal ini didasarkan pada prospek kerja lulusan jurusan tersebut yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja kedepannya.

Secara umum, pemilihan jurusan untuk calon mahasiswa tentu bukanlah perkara yang sepele. Selain menyesuaikan passion atau minatnya, mereka juga melihat bagaimana peluang karier dari jurusannya di saat lulus nanti.

Baca juga : Bingung Pilih Jurusan? Ini 10 Jurusan Kuliah IPA yang Bisa Jadi Pertimbangan

Berikut beberapa jurusan kuliah IPA yang dapat menjamin masa depan untuk perempuan.

1. Jurusan Farmasi

Dari rumpun kesehatan, Farmasi menjadi salah satu jurusan kuliah IPA yang memiliki prospek menjanjikan di masa depan. Selain itu, program studi ini pada perkembangannya juga cukup identik

Dikutip dari laman Jaknaker, di jurusan ini para mahasiswanya akan mempelajari banyak hal terkait peracikan obat dan sejenisnya.

Untuk peluang kariernya sendiri, lulusan Farmasi memiliki prospek untuk menjadi seorang peneliti di perusahaan obat. Tak hanya itu, mereka juga bisa menjadi apoteker dan bekerja di berbagai instansi kesehatan yang membutuhkan.

2. Jurusan Ilmu Gizi

Berikutnya ada jurusan Ilmu Gizi. Pada keberlanjutannya, profesi Ahli Gizi tentu banyak dibutuhkan dalam kaitannya dengan makanan atau minuman yang dikonsumsi manusia.

Dikutip dari pemberitaan Sindonews, mahasiswa di prodi Ilmu Gizi nantinya akan belajar banyak tentang kaitan gizi dengan kesehatan, pertumbuhan dan produktivitas manusia, hingga kualitas tubuh manusia.

Di Indonesia sendiri, jurusan ini sudah banyak ditemui di berbagai universitas, baik negeri maupun swasta. Kemudian, jika melihat peluang kerjanya, alumni Ilmu Gizi bisa menjadi seorang Ahli Gizi, Ahli Diet, bahkan PNS sekalipun ketika bekerja di BPOM atau rumah sakit tertentu.

Selain itu, lulusan Ilmu Gizi juga bisa bekerja dalam bagian Pengendalian Mutu Produk sebuah perusahaan. Tentunya, profesi ini hampir selalu dibutuhkan oleh perusahaan makanan atau sejenisnya.

Baca juga : Mengenal 5 Jurusan yang Tidak Banyak Menghitung, Rekomendasi untuk Kuliah IPA

3. Teknologi Informatika

Teknik Informatika tak hanya terbuka bagi kaum laki-laki saja, melainkan perempuan pun juga bisa masuk jurusan ini. Melihat peluang karier lulusannya di masa depan, sepertinya akan terbuka cukup lebar.

Adapun alasannya karena perkembangan teknologi yang semakin canggih seiring waktu, sehingga lulusan dari Teknik Informatika juga banyak dibutuhkan.

Dalam perkuliahan, nantinya para mahasiswa Teknik Informatika akan banyak mempelajari terkait pemanfaatan teknologi komputer. Di antaranya adalah pengembangan atau perancangan software, keamanan informasi dan jaringan, hingga pemrograman web.

Untuk prospek kerjanya sendiri, alumni Teknik Informatika dapat menjadi seorang Web Development ataupun Software Engineer yang kerap disebut memiliki gaji lumayan menjanjikan.

4. Jurusan Kedokteran

Meski kerap dianggap memiliki biaya yang cukup mahal, namun jurusan Kedokteran tetap menjadi salah satu favorit bagi para mahasiswa. Hal ini mungkin juga cukup berkaitan dengan prospek atau peluang karier lulusannya di masa depan.

Dikutip dari laman Jaknaker, jurusan Kedokteran sendiri memiliki beberapa bidang yang berbeda, seperti dokter umum, dokter gigi, dokter hewan, dan lain sebagainya. Para calon mahasiswa bisa memilihnya sesuai dengan passion ataupun impiannya.

5. Statistika

Jurusan kuliah IPA yang menjamin masa depan bagi perempuan berikutnya adalah Statistika. Nantinya, para mahasiswa prodi tersebut akan belajar cara mengolah hingga menganalisis data.

Dikutip dari pemberitaan Sindonews, World Economic Forums menyebut bahwa salah satu profesi yang dibutuhkan di masa depan adalah seorang ahli data atau data scientist.

Adapun salah satu jurusan kuliah yang mencetak lulusan kompeten di bidang tersebut adalah Statistika. Sehingga akan cukup terbuka peluang karier bagi alumninya di kemudian hari.

Demikian ulasan mengenai jurusan kuliah IPA yang dapat menjamin masa depan untuk perempuan.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2019 seconds (0.1#10.140)