Suka Dunia Fashion? Ini 7 Prospek Kerja Menjanjikan Lulusan Tata Busana

Jum'at, 21 Oktober 2022 - 10:50 WIB
loading...
Suka Dunia Fashion? Ini 7 Prospek Kerja Menjanjikan Lulusan Tata Busana
Setidaknya ada tujuh prospek kerja menjanjikan bagi lulusan Tata Busana. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Bagi kalian yang tertarik dengan dunia fashion apalagi memiliki kemampuan jahit menjahit, jurusan Tata Busana adalah pilihan tepat untukmu. Lulusannya pun bisa memilih beragam prospek karier yang menjanjikan.

Jurusan Tata Busana tidak hanya terdapat di perguruan tinggi. Namun kalian juga bisa mendapatkan ilmunya di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Bahkan bisa dibilang Tata Busana menjadi salah satu jurusan tertua di SMK.

Setidaknya, jurusan Tata Busana sudah ada sejak era sekolah kewanitaan pada masa kolonial Belanda, yang juga merupakan salah satu cikal bakal SMK di Indonesia saat ini.

Baca juga: Ini Prospek Kerja Lulusan Teknik Kimia, Peluangnya Terbuka Lebar di Dunia Industri

Jurusan Tata Busana atau dikenal juga dengan sebutan Fashion Design akan memberikan pelajaran bagi siswanya mengenai teknik mendesain, menjahit, belajar membuat pola, dan seluk beluk produksi busana.

Prospek kerja jurusan ini tidak sekedar menjadi Fashion Designer saja. Namun ada peluang kerja luas dan beragam untuk lulusannya. Dikutip dari Instagram Ditjen Pendidikan Vokasi @kamivokasi, berikut ini 7 prospek kerjanya.

1. Desainer Fashion

Tugas utamanya memang merancang busana, namun seorang desainer fesyen juga bisa melebarkan sayap dengan merancang produk fashion lain seperti tas dan sepatu.

2. Fashion Stylist

Profesi ini bertugas menata penampilan seseorang, mulai dari busana, bagaimana padu padannya, hingga pilihan aksesoris. Fashion stylist bisa bekerja di berbagai bidang, mulai dari media seperti majalah, televisi, dan periklanan hingga memberikan konsep kostum untuk penampilan figur publik.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1523 seconds (10.101#12.26)