Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, UT Buat Program Desa Binaan

Rabu, 26 Oktober 2022 - 17:00 WIB
loading...
A A A
Dewi menuturkan, SENMASTER merupakan kegiatan yang rutin dilakukan UT untuk dapat mendiseminasikan segala produk dari kegiatan yang terkait dengan pemberdayaan kepada masyarakat.

"SENMASTER 2022 ini mengangkat topik yang relevan dengan kondisi saat ini yaitu mengoptimalisasikan pemberdayaan masyarakat serta membangun Indonesia Tangguh," jelasnya.

Ketua Panitia SENMASTER UT 2022 Heriani menjelaskan, tema optimalisasi pemberdayaan masyarakat untuk membangun Indonesia Tangguh meliputi pemberdayaan masyarakat melalui potensi dan sumber daya desa, memanfaatkan teknologi dalam peningkatan taraf hidup masyarakat, membangun masyarakat tangguh melalui kegiatan sosial budaya, dan meningkatkan kesehatan dengan kepedulian lingkungan.

"Membangun masyarakat yang mandiri dan tangguh bisa dilakukan oleh semua pihak. Baik pemerintah, masyarakat, perguruan tinggi, baik skala besar dan kecil. Salah satunya melalui Tridarma Perguruan Tinggi," katanya.

Melalui kegiatan ini, jelasnya, civitas akademika bisa mempresentasikan dan mendiseminasikan hasil pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukan, berbagi praktik baik, serta serta semangat dan inspirasi dalam upaya pemberdayaan masyarakat desa.

Hadir pada SENMASTER 2022, yakni Menteri Ketenagakerjaan Kabinet Kerja 2014-2019 M. Hanif Dhakiri serta pembicara panel yaitu Guru Besar Universitas Gajah Mada yang juga aktivis pembangunan Indonesia dari pinggiran Prof. Dr. M. Baiquni, aktivis Perempuan dan Pemberdayaan Masyarakat Pulo Kambing Vera Nofita, dan Dekan Fakultas Ekonomi UT Meirani Harsasi.

Selain itu, juga disajikan makalah hasil pengabdian kepada masyarakat oleh 65 orang penyaji yang terdiri dari dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa dari UT dan perguruan tinggi lainnya.

Sedangkan Gelar Hasil Pengabdian kepada Masyarakat diikuti oleh 23 penyaji gelar hasil berupa produk-produk hasil pengabdian kepada masyarakat secara luring dan 30 gelar hasil secara virtual.
(nnz)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1707 seconds (0.1#10.140)