Resmi Beralih Status Jadi PTN-BH, UT akan Buka Prodi Baru

Jum'at, 28 Oktober 2022 - 16:21 WIB
loading...
Resmi Beralih Status Jadi PTN-BH, UT akan Buka Prodi Baru
Universitas Terbuka (UT) resmi beralih status menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH). Foto/Dok/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Universitas Terbuka ( UT ) resmi menyandang status Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum ( PTN-BH ) berdasarkan Peraturan Pemerintah yang sudah ditandatangani Presiden Jokowi 20 Oktober lalu. Dengan status PTN-BH tersebut akan mempermudah UT untuk membuka program studi baru yang dibutuhkan masyarakat.

Rektor UT Prof Ojat Darojat mengatakan, UT memasuki era baru yakni berubah status dari PTN Badan Layanan Umum (BLU) ke PTN-BH, yang memungkinkan UT untuk lebih lincah dalam meningkatkan kualitas layanan pendidikan kepada masyarakat khususnya mahasiswa sebagai stakeholder utama UT.

"Dalam rangka peningkatan kualitas layanan maka kita harus melakukan perubahan yang lebih baik untuk mahasiswa. Mulai dari registrasi, bantuan bahan ajar, perkuliahan, tutorial, ujian, dan seterusnya," katanya, di UT Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, Jumat (28/10/2022).

Baca juga: Lulus S3 Kimia, Ilmi Jadi Wisudawan Doktor Termuda ITB

Ojat menyampaikan, dengan status PTN-BH maka akan ada otonomi yang lebih luas dalam tata kelola akademik termasuk ke pembukaan program studi baru yang dibutuhkan oleh masyarakat. Namun di sisi lain juga akan memudahkan UT untuk menutup program studi yang sudah jenuh.

"Dengan otonomi yang lebih luas dalam akademik maka bisa dimanfaatkan agar UT semakin memberi keberpihakan kepada masyarakat dengan membuka program studi kekinian yang dibutuhkan masyarakat," imbuhnya.

Beberapa program studi yang rencananya akan dibuka, ujar Rektor, yakni di program diploma dan sarjana seperti bidang teknologi sains dan data, kemudian juga ada aktuaria. Namun UT juga akan membuka program studi magister seperti magister akuntansi, pendidikan anak usia dini, hukum, termasuk juga program pre service training di FKIP.

Termasuk juga program diploma vokasi yang saat ini tengah digaungkan pemerintah. Menurutnya, UT akan melangsungkan kerja sama dengan Universitas Indonesia untuk membuka program kuliah jarak jauh vokasi yang akan menyasar nelayan dan petani.

Menurut Rektor, dengan dibukanya program studi-program studi baru yang dibutuhkan oleh masyarakat yang juga banyak peminatnya tersebut maka itu juga sebagai upaya UT untuk mencapai target satu juta mahasiswa.

Dia menjelaskan, UT tidak akan membuka program studi baru secara sembrono. Meski dengan status PTN-BH, UT tidak akan lagi terbelenggu dengan izin kementerian teknis untuk meningkatkan kualitas layanan namun pembukaan program studi baru akan dilakukan dengan penuh pertimbangan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5581 seconds (0.1#10.140)