Inilah Strategi Memilih Program Studi UTBK, Pahami Agar Mudah Lolos

Jum'at, 28 Oktober 2022 - 17:13 WIB
loading...
Inilah Strategi Memilih Program Studi UTBK, Pahami Agar Mudah Lolos
Untuk lolos UTBK atau Ujian Tertulis Berbasis Komputer tidak cukup hanya dengan belajar. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Untuk lolos UTBK atau Ujian Tertulis Berbasis Komputer tidak cukup hanya dengan belajar, tetapi juga perlu menentukan strategi jitu teruntuk dalam pemilihan program studi .

UTBK digunakan ujian mandiri ataupun SBMPTN. Untuk itu, diperlukan pertimbangan dalam memilih sebuah jurusan agar dapat lolos dengan mudah. Selain itu terdapat juga beberapa pertimbangan agar mudah lolos.

Baca juga : Bantu Siswa Hadapi UTBK, Platform Edukasi Ini Gelar UTBK Fest

Berikut strategi memilih program studi UTBK seperti dikutp lp3i :

1. Pahami Minat yang Dimiliki

Minat atau ketertarikan dalam mempelajari suatu ilmu menjadi patokan dasar dalam memilih prodi. Dengan dasar ini seseorang dapat belajar giat dilandaskan rasa keingintahuan.

2. Lakukan Riset Terkait Kuota dan Passing Grade

Setelah itu mulailah pencarian tentang kuota yang disediakan, serta persaingannya berdasar data tahun lalu. Kemudian carilah passing grade atau nilai minimal yang harus terpenuhi seseorang ketika memilih suatu program studi di kampus tertentu.

Baca juga : Intip Biaya Pendaftaran UTBK SBMPTN 2022

3. Berkonsultasi dengan Orang yang Berpengalaman

Baik itu guru atau kakak kelas yang telah lolos ujian masuk dapat dijadikan sumber informasi terkait apa saja yang dibutuhkan supaya dapat lolos UTBK.

4. Urutkan Pilihan Sesuai Prioritas

Biasanya akan terdapat pilihan jurusan dalam UTBK seperti pada SBMPTN. Pilihlah prioritas utama sebagai pilihan utama, serta memiliki tingkat persaingan yang cukup ketat. Diikuti dengan prioritas selanjutnya.

5. Cek Prospek Kerja

Program Studi yang dipilih ini nantinya akan menentukan pekerjaan yang nantinya digeluti. Karena itu selain mencari jurusan yang diminati juga memiliki prospek kerja yang bagus bagi yang berkeinginan bekerja di sebuah lembaga atau perusahaan.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0981 seconds (0.1#10.140)