Ini 4 Sekolah Kedinasan dengan Pendidikan Non Militer, Lulus Otomatis PNS

Senin, 31 Oktober 2022 - 21:59 WIB
loading...
Ini 4 Sekolah Kedinasan dengan Pendidikan Non Militer, Lulus Otomatis PNS
Siswa Sekolah kedinasan Politeknik Keuangan Negara atau PKN STAN. Foto/Dok/PKN STAN
A A A
JAKARTA - Seperti namanya, sekolah kedinasan non militer ini tidak menyelenggarakan pelatihan kemiliteran bagi para peserta didiknya. Pendidikan di sekolah kedinasan ini difokuskan untuk mengasah bidang akademik peserta didik.

Perguruan tinggi kedinasan non militer juga berbeda dengan sekolah lainnya, karena mahasiswa tidak mendapatkan pelatihan fisik. Pendidikan akan lebih fokus ke bidang akademis dan ilmu praktis yang disesuaikan oleh masing-masing sekolah kedinasan.



Sekolah kedinasan non militer sendiri cocok untuk Anda yang tidak mau mengikuti pendidikan dengan pelatihan fisik. Di sekolah kedinasan ini, Anda akan lebih berfokus pada perkuliahan.

Berikut ini beberapa pilihan untuk Anda yang ingin berkuliah di perguruan tinggi kedinasan non militer:

1. PKN STAN

Pilihan pertama untuk perguruan tinggi non militer adalah Politeknik Keuangan Negara atau PKN STAN. Sekolah kedinasan yang berada dalam naungan Kementerian Keuangan ini fokus dalam mendidik mahasiswanya di bidang urusan keuangan negara.



Di PKN STAN sendiri ada banyak pilihan program studi. Di antara program studi tersebut, hanya ada satu prodi yang memiliki pendidikan semi militer yaitu Kepabeanan dan Cukai.

Sedangkan program studi lainnya menerapkan pendidikan non militer yang mana tidak memiliki pelatihan fisik.

2. Polstat STIS

Politeknik Statistika atau Polstat STIS menjadi pilihan lain bagi Anda jika ingin mendapatkan pendidikan non militer. Sekolah kedinasan ini berada dalam pengelolaan Badan Pusat Statistik atau BPS dan fokus pada pendidikan di bidang statistik.

Pendidikan yang diterapkan di sekolah kedinasan ini dilakukan tanpa pelatihan fisik atau non militer. Mahasiswa di sini akan fokus pada pengembangan kemampuan mereka di bidang statistika sehingga setelah lulus bisa langsung bekerja di BPS.

3. Poltek SSN

Sekolah kedinasan non militer lainnya yang bisa Anda pilih yaitu Politeknik Siber dan Sandi Negara atau Poltek SSN. Sekolah kedinasan ini merupakan perguruan tinggi yang dikelola oleh Badan Siber dan Sandi Negara atau BSSN.

Poltek SSN hanya menyediakan pendidikan khusus di bidang siber dan sandi. Jadi, mahasiswanya hanya akan fokus pada pendidikan di bidang tersebut dan tidak melaksanakan pelatihan fisik atau militer.

4. Sekolah Kedinasan Non Ikatan Dinas

Selain sekolah kedinasan yang disebutkan di atas, pendidikan non militer juga bisa Anda dapatkan di sekolah kedinasan non ikatan dinas. Sekolah kedinasan ini berada dalam naungan atau pengelolaan lembaga pemerintah namun tidak mengadakan program ikatan dinas.

Sekolah kedinasan ini bisa Anda pilih jika Anda tidak ingin mendapatkan pelatihan atau pendidikan fisik. Beberapa sekolah kedinasan yang bisa Anda pilih yaitu seperti Poltekkes Kemenkes, Poltekpar, STPN, STTN, dan sekolah kedinasan lainnya.

Demikianlah beberapa rekomendasi sekolah kedinasan non militer yang bisa Anda pilih, semoga bermanfaat.

MG/Vadma Gempita
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1574 seconds (0.1#10.140)